Kompas.com - 28/01/2021, 09:26 WIB
Ilustrasi warna cat dinding hijau. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EUIlustrasi warna cat dinding hijau.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilihan warna cat dinding merupakan salah satu cara umtuk membuat rumah menjadi cantik dan berwarna. Pemilihan cat dinding ini juga bisa membuat rumah semakin luas dan terang, namun sebaliknya jika salah memilih warna cat akan membuat dinding menjadi lebih kusam.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Kamis (28/1/2021), warna cat tertentu, jenis cat, dan teknik pengaplikasiannya dapat mengakibatkan dinding tampak lebih kotor dan lebih sulit dibersihkan.

Berikut beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan saat memilih cat dinding.

Baca juga: Panduan Sebelum Memilih Warna Cat Eksterior untuk Rumah

Warna Cat Terlalu Terang

Tanda atau noda apa pun akan menonjol di dinding berwarna terang. Sebaliknya, carilah warna cat netral mid-tone yang dapat membantu menyembunyikan kotoran dan ketidaksempurnaan, sehingga hindari pemilihan warna terang di area rumah dengan lalu lintas yang tinggi.

Kualitas Buruk

Kualitas produk yang digunakan akan memengaruhi hasil dan membuat perbedaan dramatis dalam cara kerja produk, dan daya tahan cat tersebut.

Sebab, ada beberapa area di dalam rumah yang harus memiliki daya tahan cat yang bagus seperti dapur atau kamar mandi. Sehingga, memilih cat dengan kualitas buruk akan membuat mengeluarkan biaya yang lebih mahal.

Cat Glossy

Cat dengan hasil akhir berkilau atau glossy akan membuat tampilan dinding lebih mewah serta lebih tahan terhadap pembersihan yang sering.

Baca juga: 8 Pilihan Warna Apik untuk Dinding Ruang Makan

Sebaliknya, mencuci dinding hasil akhir matte akan membutuhkan sentuhan lembut, karena produk pembersih tertentu dan penggosokan yang kuat dapat merusak hasil akhir. Lapisan cat non-reflektif bekerja paling baik di area dengan lalu lintas rendah yang tidak akan mengumpulkan terlalu banyak lecet atau percikan.

Namun, penting untuk dicatat bahwa cat glossy tidak bisa menyembunyikan penyok, retakan, atau keadaan dinding yang tidak rata sehingga membuat dinding tidak terlihat bagus.

Kurang Persiapan

Persiapan sebelum mengecat adalah kunci untuk memberikan hasil akhir yang rapi. Sebelum mengecat bersihkan debu dari dinding serta mengaplikasikan cat primer dapat membuat hasil akhir yang baik.

Kuas Cat yang Salah

Perhatikan baik-baik kuas atau rol yang direkomendasikan untuk cat yang Anda gunakan. Alat terbaik untuk proyek pengecatan juga tergantung pada jenis permukaannya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X