Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tanaman Bunga yang Cantik tapi Berduri

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat tanaman hias menjadi hobi yang berkembang pesat setidaknya sejak awal 2020 ketika pandemi virus corona melanda. Aktivitas yang harus dilakukan di rumah memungkinkan kita menjalani hobi tanaman hias ini.

Namun, merawat dan mengoleksi tanaman hias bukan cuma untuk mengagumi daunnya. Beberapa jenis tanaman hias memiliki bunga yang sangat cantik dan bahkan harum.

Meski demikian, Anda juga harus cermat dan berhati-hati. Sebab, sejumlah jenis tanaman bunga memiliki duri pada batangnya, walaupun bunganya sangat cantik.

Dilansir dari beberapa sumber, yang diperbarui pada Jumat (2/9/2022), berikut beberapa tanaman bunga yang cantik tapi berduri.

1. Euphorbia

Dikutip dari Hunker, menurut Departemen Hortikultura University of Florida, Euphorbia atau mahkota duri berasal dari Madagaskar dan sangat toleran terhadap iklim panas. Bunga ini hanya membutuhkan sedikit air dan dapat bertahan di bawah sinar matahari penuh.

Sementara versi asli tanaman memiliki duri yang sangat menonjol, beberapa varietas baru memiliki duri yang sedikit, bahkan hanya tonjolan yang tidak tajam. Warna bunga euphorbia beragam, mulai dari merah tua, merah muda pucat dan krem.

2. Quince

Menurut para ahli di University of Connecticut, quince adalah tanaman bunga berduri yang berasal dari China.

Tanaman ini bisa berkembang seperti semak yang tinggi, dengan cabang berduri dan bunga berwarna merah, salmon, merah muda, atau putih.

Quince juga menghasilkan buah yang menyerupai apel. Quince tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh, tetapi juga dapat mentolerir naungan parsial.

Pemangkasan akan membantu menciptakan dedaunan yang indah yang dapat mempercantik lanskap taman atau halaman rumah Anda.

3. Mawar

Sudah terkenal bahwa bunga mawar adalah tanaman bunga berduri. Dilansir dari Home Guides SF Gate, ada banyak jenis mawar yang berbeda, tetapi kebanyakan tumbuh dengan duri di sepanjang batangnya.

Contohnya termasuk mawar semak Jepang atau Rosa rugosa, tanaman berduri yang lebat, setinggi 1,2 hingga 1,8 meter dengan banyak bunga tunggal yang harum dalam berbagai warna.

Beberapa mawar yang dibudidayakan merupakan varietas tua yang disebut mawar Eropa atau heirloom (Rosa sinensis), sedangkan yang lain merupakan hibrida yang biasanya dicangkokkan pada batang akar yang kokoh.

4. Bugenvil

Bunga bugenvil (Bougainvillea spp.) dikenal karena bunga mekarnya yang besar dan mencolok serta pertumbuhannya yang cepat.

Bugenvil dapat beradaptasi dengan banyak kondisi tanah dan akan mentolerir kekeringan.

Bugenvil terkadang ditanam di sekitar rumah dan pekarangan sebagai fitur keamanan. Ini karena mereka memiliki duri tajam yang dapat dengan mudah menembus kain dan kulit.

Meskipun mereka adalah tanaman yang tumbuh cepat yang menciptakan penghalang warna-warni, bugenvil harus ditanam dengan hati-hati jika Anda memiliki anak atau hewan peliharaan karena duri ini.

5. Thorn apple

Thorn apple atau Datura spp adalah tanaman yang memiliki duri pada buah yang bulat. Tanaman ini juga memiliki bunga berbentuk terompet, seringkali beraroma manis.

Semua bagian tanaman ini beracun jika tertelan. Bunganya hadir dalam warna ungu putih atau kuning dan diikuti oleh buah bulat berwarna hijau, ditutupi duri.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/30/111200076/5-tanaman-bunga-yang-cantik-tapi-berduri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke