Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/01/2021, 09:26 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat tanaman bunga tidak hanya akan membuat halaman rumah atau taman Anda cantik. Tanaman bunga pun dapat melengkapi dekorasi rumah Anda.

Salah satu tanaman bunga yang bisa Anda pilih adalah bunga Freesia. Bunga yang berasal dari Afrika Selatan ini dikenal karena sangat harum, hadir dalam beragam warna bunga, dan sangat populer sebagai bunga potong atau dirangkai menjadi buket bunga.

Bunga freesia pun dikenal sebagai simbol kemurnian dan kepercayaan.

Baca juga: Simak, Cara Merawat Tanaman Bunga Melati di dalam Ruangan

Untuk Anda yang ingin merawat bunga freesia sebagai elemen dekorasi rumah atau mempercantik halaman rumah, berikut caranya, dikutip dari Gardening Know How, Jumat (29/1/2021).

Cara menumbuhkan bunga freesia

Bunga freesia akan tumbuh dengan baik ketika cuaca di siang hari mencapai antara 16 sampai 21 derajat Celsius dan cuaca pada malam hari antara 7 sampai 13 derajat Celsius.

Intinya, bunga freesia akan tumbuh dan mekar dengan baik dalam suhu atau cuaca sejuk. Bunga freesia akan istirahat bermekaran saat cuaca panas.

Perhatikan tanah

Baik ketika ditanam di halaman rumah atau di pot, hal pertama yang harus diperhatikan agar bunga freesia hidup dan tumbuh dengan baik adalah menggunakan tanah yang lembab dan menyerap dengan baik. Bila ditanam di tanah yang basah, umbi bunga freesia akan membusuk.

Baca juga: 4 Jenis Vas Bunga yang Menjadi Tren di Tahun 2021

Bisa juga menanam bunga freesia di tanah yang agak berpasir yang telah diubah dengan bahan organik penahan kelembaban. Freesia lebih suka lokasi di bawah sinar matahari penuh tetapi dapat mentolerir tempat teduh.

Saat freesia aktif tumbuh dan berbunga, tanah harus dijaga tetap lembab. Saat selesai mekar, bunga yang mati bisa dipangkas, tetapi dedaunan harus dibiarkan mati secara alami.

Saat daunnya berwarna cokelat dan mati, tanah bisa dibiarkan mengering. Jika ditanam dalam pot, inilah saat yang tepat untuk mempersiapkan umbi di tempat yang kering dan di dalam ruangan.

Cara merawat bunga freesia di halaman rumah

Perawatan bungs freesia sebagian besar hanya menjaga tanah tetap lembab selama musim tanam, tetapi bunga freesia yang ditanam di halaman rumah akan mendapat manfaat dari pupuk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com