Kompas.com - 29/01/2021, 07:18 WIB
Ilustrasi tanaman cabai. UNSPLASH/PRINCE ABIDIlustrasi tanaman cabai.

JAKARTA, KOMPAS.com - Cabai yang tumbuh di halaman belakang rumah bisa berpotensi diserang berbagai serangga, termasuk kutu daun, siput, thrips, nematoda, dan tungau laba-laba.

Dilansir dari Home Guides, Jumat (29/1/2021), serangga, termasuk serangga hemipteran, memakan kulit luar cabai dan membuatnya rentan terhadap infeksi jamur yang dapat mematikan cabai dan bijinya.

Maka dari itu, mengatasi dengan cepat akan dapat menyelamatkan tanaman cabai. Berikut cara untuk mengatasi hama pada tanaman cabai.

Baca juga: Mengapa Tanaman Cabai Menguning dan Rontok? Ini Sebabnya

Tanah yang Disterilkan

Menanam cabai di tanah yang disterilkan untuk membuat tanaman lebih kuat dapat bertahan lebih efektif dari serangan serangga. Untuk membuat tanah yang disteril, sebarkan tanah di atas loyang logam dan tutupi dengan aluminium foil.

Kemudian, panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 180 hingga 200 derajat selama 30 menit, kemudian biarkan tanah menjadi dingin sebelum ditanam.

Cara Manual

Kenakan sarung tangan berkebun dan singkirkan serangga secara manual. Gunakan sebagai cara yang efektif untuk menghilangkan hampir semua jenis serangga yang mengganggu tanaman cabai, termasuk kutu daun, thrips, dan tungau laba-laba.

Untuk siput, tunggu hingga malam saat mereka lebih aktif untuk mengambil siput dan membuangnya di tempat sampah luar ruangan.

Baca juga: Trik Membuat Tanaman Cabai Tumbuh Lebat

Sabun Insektisida

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X