Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Arti Bunga Daisy yang Begitu Mendalam, Kemurnian Cinta dan Kelahiran

Kompas.com - 25/07/2022, 15:27 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga daisy, yang juga dikenal sebagai bunga aster, merupakan salah satu jenis bunga populer di dunia. Bunga daisy telah dicintai banyak orang dari ribuan tahun lalu hingga hari ini. 

Bunga daisy memiliki kelompak bunga yang kecil dan lembut serta tampilan yang cantik, cerah, ceria, juga memanjakan mata. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Bunga Daisy yang Penuh Arti dan Simbol

Tampilan ini membuat bunga daisy berbeda dari bunga lainnya serta membuatnya begitu dicintai. Siapa pun yang melihat bunga daisy sulit untuk tidak tersenyum. 

Bunga daisy mempunya beragam warna, dari putih, kuning, pink, merah, hingga oranye. Bunga yang dapat tumbuh di seluruh dunia ini tidak hanya memiliki tampilan indah, tetapi juga banyak makna. 

Bunga daisy telah lama mewakili kepolosan, keceriaan, kemurnian, keindahan, dan kasih sayang. Namun, makna bunga daisy ini bisa berbeda-beda, tergantung pada tradisi budaya serta warna bunga. 

Misalnya, pada masa Victoria, arti bunga daisy melambangkan keceriaan, ketulusan, dan kepolosan. Akan tetapi, secara keseluruhan, bunga daisy memiliki arti yang sama. 

Dilansir dari Bouqs, Senin (25/7/2022), berikut arti bunga daisy secara umum.  

Baca juga: 4 Cara Merawat Bunga Aster agar Tumbuh Subur dan Rajin Berbunga

Kemurnian

Ilustrasi bunga daisyShutterstock/sergios Ilustrasi bunga daisy

Dengan kelopak putih lembut, bunga daisy mewakili kemurnian. Selain itu, bunga daisy sering memunculkan citra anak-anak memetik karangan bunga liar di lapangan terbuka.

Namun, hari ini, bunga daisy sering dikaitkan oleh gadis-gadis bunga pernikahan untuk melambangkan kemurnian cinta.  

Baca juga: Cara Merawat Bunga Aster Gerbera di Dalam Ruangan

Kelahiran 

Selanjutnya, makna bunga daisy juga melambangkan kelahiran. Bunga daisy biasanya diberikan kepada orang tua atau ibu baru sebagai simbol persalinan, keibuan, dan cara menyambut anak-anak mereka ke dunia. 

Tak hanya itu, bersama dengan bunga tulip dan bakung, bunga daisy adalah duta musim semi serta semua tema yang berhubungan dengan musim kelahiran kembali dan pembaruan. 

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Bunga Aster di Pot

Awal yang baru

Ilustrasi bunga daisyShutterstock/Creative Stock Studio Ilustrasi bunga daisy
Bunga daisy adalah pengingat yang bagus bahwa kita semua membutuhkan awal yang baru sesekali.

Tak heran, bunga daisy sering diberikan sebagai buket bunga untuk mereka yang baru lulus sekolah, kuliah, pindah kerja, atau mengalami perubahan besar dalam hidup.

Bunga-bunga ceria ini akan mengingatkan orang tersebut untuk menjaga sikap yang baik saat mereka menuju sesuatu atau awal yang baru. 

Baca juga: Cara Merawat Bunga Aster agar Tumbuh Subur dan Rajin Berbunga

Kegembiraan

Terakhir, arti bunga daisy mewakili kegembiraan. Baik Anda memetik aster putih dan kuning atau aster Gerbera merah muda, bunga-bunga lembut ini akan membuat Anda tersenyum.

Karena itu, memberi seseorang buket bunga daisy adalah cara baik untuk mencerahkan hari mereka. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com