Kompas.com - 14/05/2021, 14:30 WIB
Ilustrasi bunga daisy/aster Unsplash/Micheile HendersonIlustrasi bunga daisy/aster

JAKARTA, KOMPAS.com - Memancarkan kesegaran, kebahagiaan, dan kepolosan, bunga daisy atau dikenal juga bunga aster adalah salah satu bunga populer di dunia. Bunga ini dikenal memiliki tampilan yang cantik dan menawan meski bentuknya kecil.

Rupanya, bentuknya yang kecil ini membuat daisy tampak istimewa. Daisy mempunyai kelopak bunga berwarna putih yang melingkari pusat kuning cerah di bagian tengahnya. 

Baca juga: Mengenal Geranium, Bunga Cantik yang Mampu Mengusir Nyamuk

Sebagian besar jenis daisy mulai bermekaran pada awal musim panas dan terus berlanjut hingga musim gugur. Penasaran ingin mengetahui lebih lanjut tentang bunga mungil ini?

Berikut lima fakta menarik tentang bunga daisy dilansir dari Better Homes & Gardens, Jumat (14/5/2021). 

Baca juga: Penanganan dan Cara Menanam Bunga Fuchsia yang Dibeli Secara Online

Dapat Tumbuh di Mana Saja

Meski berasal dari Eropa dan daerah beriklim sedang di Asia, daisy akhirnya diperkenalkan ke Australia dan Amerika Utara. Bunga mungil ini saat ini mudah ditemukan di setiap benua, kecuali Antartika.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jumlahnya yang banyak ini tak lain karena sifat adaptif yang dimilikinya. Bunga daisy dapat tumbuh subur di iklim basah dan kering dan area cerah atau teduh. Mereka bisa tumbuh di pegunungan atau di ladang yang datar dan berumput. 

Baca juga: Kenali Kepribadian Anda Lewat Bunga Kesukaan

Pada dasarnya, bunga aster adalah bunglon botani. Daisy masih memiliki hubungan dengan bunga matahari. Ia dapat tumbuh di habitat yang mirip dengan sepupu mereka. 

Nama Penuh Arti 

Nama daisy berasal dari frase Inggris kuno "Daes eage" yang berarti "mata hari". Nama ini mencerminkan bagaimana bunga-bunga ini menutup kelopaknya pada malam hari dan membukanya kembali pada pagi hari. 

Baca juga: Cara Menanam Bunga Hortensia yang Cantik dan Berbentuk Unik

Bunga daisy adalah salah satu bunga, bahkan "mata", pertama yang terbuka ke matahari pagi setiap hari.

Memiliki Banyak Kegunaan

Selain dijadikan sebagai buket bunga atau dekoarasi ruangan, daisy memiliki banyak kegunaan lain, di antaranya menjadi hiasan unik dan cantik untuk salad. 

Baca juga: 7 Bahan yang Ampuh Membuat Buket Bunga Tetap Segar dan Tahan Lama

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X