Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Bunga Hortensia Tidak Mekar dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 14/07/2022, 14:46 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga hydrangea atau hortensia dikenal memiliki tampilan yang cantik dengan bentuk yang besar dan warna yang indah. 

Lantaran tampilannya tersebut, membuat bunga hortensi menarik perhatian, baik di taman maupun digunakan sebagai dekorasi. 

Baca juga: 4 Tanaman yang Cocok Ditanam Bersama Bunga Hortensia

Bunga hortensia menjadi salah satu bunga tercantik di dunia serta banyak digunakan untuk karangan bunga dan sebagai dekorasi untuk berbagai acara seperti pernikahan.

Hydrangea adalah tanaman bunga yang cocok untuk banyak tukang kebun. Namun, saat bunga besar itu tidak mekar, hal ini bisa membuat kecewa dan frustasi banyak tukang kebun. 

Penyebab bunga hortensia tidak mekar 

Ilustrasi bunga - Bunga Hortensia atau bunga Hydrangea.UNSPLASH / Summer Quinn Ilustrasi bunga - Bunga Hortensia atau bunga Hydrangea.
Dilansir dari Gardening Know How, Kamis (14/7/2022), bunga hortensia yang tidak mekar sebetulnya masalah umum dan bisa diatasi dengan beberapa solusi sederhana. 

Pertama, periksa zona tahan banting tanaman untuk memastikan memiliki jenis bunga hortensia yang tepat untuk wilayah Anda. 

Baca juga: Tips Menanam Bunga Hortensia di Dalam Rumah

Bunga hortensia yang tidak mekar sering disebabkan varietas yang Anda tanam. Beberapa varietas hydrangea menumbuhkan bunga dari kayu baru dan sebagian menanam bunga dari kayu tua.

Jika tanaman bunga hortensia tidak berbunga, Anda harus mencari tahu varietas mana yang dimiliki. Hydrangea yang berbunga dari kayu yang baru tumbuh tidak menimbulkan banyak masalah mekar.

Beberapa tanaman hortensi paling umum berasal dari keluarga berdaun besar atau Hydrangea macrophylla. Ini menghasilkan bunga berwarna biru atau merah muda yang indah.

Namun, ada banyak kultivar berbeda yang dibuat dari keluarga tanaman ini dan cenderung mati kembali ke dasar tanah pada cuaca dingin.  

Baca juga: Penyebab Bunga Hortensia Gagal Mekar dan Tips Merawatnya

Apabila kayu yang ada atau "tua" pada varietas hortensia ini mati kembali ke tanah, hydrangea  tidak akan mekar ketika tumbuh kembali pada musim berikutnya.

Hal ini karena sibuk menumbuhkan kayu baru dan dengan jenis hydrangea ini, bunga tidak akan terbentuk pada kayu yang baru tumbuh.

Tangkai "tua" adalah tempat bunga tahun depan akan muncul. Untuk itu, lindungi bunga hortensi dari embun beku dan suhu beku cuaca dingin guna membantunya tampil lebih baik pada musim kemarau. 

Baca juga: 6 Fakta Menarik Bunga Hortensia yang Belum Diketahui Orang

Mengapa bunga masih tidak berbunga?

Ilustrasi bunga - Bunga Hortensia atau bunga Hydrangea.UNSPLASH / Connor Moyle Ilustrasi bunga - Bunga Hortensia atau bunga Hydrangea.
Apabila langkah-langkah di atas telah dilakuka, tapi bunga hortensia masih juga tidak berbunga, kemungkinan Anda telah memangkasnya terlalu jauh tahun sebelumnya.

Sering kali bunga hortensia yang tidak menghasilkan bunga telah dipangkas pada awal Maret dan akhir Desember.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com