Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/06/2022, 10:14 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mawar adalah salah satu bunga populer di seluruh dunia. Kebanyakan orang mengasosiasikan mawar dengan cinta, tetapi bunga yang indah ini lebih dari sekadar sarana mengungkapkan cinta.

Dilansir Better Homes & Gardens, Jumat (24/6/2022), bunga mawar dalam berbagai bentuk, ukuran, dan corak yang menakjubkan. Ini menjadikannya bunga yang benar-benar beragam dan favorit di pekarangan rumah seluruh dunia.

Ada lebih dari 150 jenis bunga mawar yang tumbuh sebagai tanaman semak, pemanjat, dan penutup tanah.

Baca juga: 12 Bunga yang Mirip Bunga Mawar, Tidak Kalah Cantik

Berbagai warna bunga mawar.Pexels/ David Bartus Berbagai warna bunga mawar.

Untuk mengenal bunga ini lebih lanjut, berikut beberapa fakta menarik tentang bunga mawar yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Salah satu bunga tertua di dunia

Tidak heran bila bunga mawar telah dirujuk dalam karya sastra dan musik selama berabad-abad. Para arkeolog telah menemukan fosil mawar yang berusia 35 juta tahun.

Yang lebih mengejutkan lagi, bunga mawar tertua yang masih hidup berusia 1.000 tahun. Mawar abadi ini tumbuh di dinding Katedral Hildesheim di Jerman.

2. Bisa dimakan

Kelopak bunga mawar bisa dimakan dan air mawar (dibuat dari perendaman kelopak bunga mawar dalam air) sering ditambahkan ke jeli atau selai. Bunga mawar juga digunakan sebagai penyedap masakan India dan China.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Bunga Mawar agar Cepat Berbunga

Tanaman bunga mawar pun menumbuhkan buah berbentuk berry yang disebut pinggul mawar. Buahnya bisa berwarna oranye, merah, ungu tua, atau bahkan hitam.

Pinggul mawar kaya akan vitamin C dan dapat digunakan dalam koktail atau dikeringkan untuk membuat teh yang menyegarkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com