Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini 4 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Pindah Rumah

Kompas.com - 14/07/2022, 13:36 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pindah rumah menempati peringkat tinggi dalam skala stres bersama dengan berganti pekerjaan.

Sebab, pindah rumah memerlukan proses panjang, merepotkan, dan melelahkan. Mulai dari, mengurus berkas-berkas kepindahan, memastikan keamanan rumah, memilah-milah dan mengemas semua barang, hingga menyiapkan kendaraan untuk mengangkut barang. 

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Menggunakan Jasa Pindah Rumah

Tak heran, banyak orang yang melakukan kesalahan saat proses pindah rumah. Namun, kesalahan ini sebetulnya bisa dihindari sehingga memudahkan serta memperlancar proses. 

Dilansir dari My Decorative, Kamis (14/7/2022), berikut beberapa kesalahan yang harus dihindari saat pindah rumah agar berjalan lancar. 

Tidak memeriksa keamanan rumah

Ilustrasi kunci pintu rumahShutterstock/Alex Photo Stock Ilustrasi kunci pintu rumah
Rumah dan isinya adalah aset Anda paling berharga, jadi masuk akal jika ingin melindunginya. Namun, keamanan rumah sering kali terlupakan oleh para pemilik rumah setelah berbulan-bulan pindah.

Faktanya, sistem keamanan rumah berkualitas tinggi harus menjadi prioritas utama. Sebab, pindah ke rumah rentan terhadap berbagai aksi kejahatan.

Baca juga: 6 Hal yang Harus Disiapkan Saat Pindah Rumah Bersama Hewan Peliharaan 

Pertama, pencuri mencari penghuni baru dengan barang-barang rumah tangga baru. Kedua, dengan begitu banyak orang keluar-masuk pada hari pindahan, mudah bagi seseorang menyelinap masuk tanpa terdeteksi.

Terakhir, banyak orang tidak mempertimbangkan keamanan sampai mereka menjadi korban pencurian. Jangan biarkan diri Anda dalam risiko ini dengan segera mengamankan rumah sebelum pindah. 

Baca juga: Menyewa Jasa Pindah Rumah atau Melakukan Sendiri, Mana Lebih Efektif? 

Tika memeriksa hama dan bangunan 

Ketika sudah menemukan rumah, waspadalah terhadap segala kerusakan atau masalah yang tersembunyi. Ada banyak masalah yang tidak terdeteksi mata saat melakukan melihat rumah pertama kali. 

Namun, masalah ini bisa menghabiskan banyak uang seperti rayap dan hama perusak kayu lainnya serta masalah struktural dan pondasi pada area tersembunyi rumah seperti atap.

Karena itu, lakuka pemeriksaan hama dan bangunan yang dilakukan profesional berlisensi untuk mengidentifikasi masalah secara signifikan. 

Baca juga: Ingin Menggunakan Jasa Pindah Rumah? Tanyakan 7 Hal Ini Dulu 

Tidak melakukan pembersihan

Ilustrasi membersihkan rumah.Shutterstock/Marian Weyo Ilustrasi membersihkan rumah.
Kesalahan umum yang dilakukan saat pindah adalah membayar jasa pindah rumah untuk memindahkan barang-barang yang tidak lagi dibutuhkan atau inginkan, baik itu memorabilia lama, buku yang usang, maupun furnitur yang tidak muat di rumah baru

Anda membayar jasa pindah rumah untuk hanya memindahkan barang, lalu membuangnya setelah menetap di rumah baru.

Karena itu, sebaiknya meluangkan waktu ekstra untuk memilih barang, mengukur rumah baru, mencari tahu kebutuhan furnitur, serta melakukan pembersihan umum sebelum pindah rumah. 

Baca juga: 5 Kesalahan Mengemas Barang yang Sering Dilakukan Saat Pindah Rumah 

Tidak melakukan pengaturan listrik

Biaya listrik atau utilitas bervariasi dari kota ke kota dan pinggiran kota ke pinggiran kota. Pastikan kebutuhan air dan listrik di rumah baru sudah siap serta beroperasi baik saat pindah,

Sebaiknya, melakukan riset tentang penyedia listrik terbaik di wilayah Anda. Jika tidak memeriksa penawaran dari penyedia yang berbeda, Anda bisa membuang uang dengan sia-sia.

Pindah rumah memang merepotkan, tetapi menghindari beberapa kesalahan ini dapat membuat proses pindahan menjadi lebih lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com