Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Menggunakan Jasa Pindah Rumah? Tanyakan 7 Hal Ini Dulu

Kompas.com - 03/07/2022, 19:58 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Realtor

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa orang lebih senang menggunakan jasa pindah rumah karena memudahkan dan mengangkut barang dengan aman.

Di samping itu, penyedia jasa pun menawarkan beragam pilihan kendaraan yang cocok untuk mengangkut barang-barang tertentu. 

Baca juga: 6 Hal yang Harus Disiapkan Saat Pindah Rumah Bersama Hewan Peliharaan

Bagi yang sudah sering menggunakan jasa pindah rumah, tentu sudah tahu apa saja yang diberikan. Namun, jika baru ingin menggunakannya, ada beberapa hal yang perlu dipertanyakan.

Dikutip dari Realtor, Minggu (3/7/2022), berikut ragam hal yang sebaiknya ditanyakan saat menggunakan jasa pindah rumah untuk memastikan proses berjalan lancar.

Layanan estimasi langsung

Ilustrasi pindah rumah Ilustrasi pindah rumah

Presiden dan CEO American Moving and Storage Association, Scott Michael, mengatakan sebaiknya jasa pindah rumah menyediakan layanan estimasi langsung alih-alih hanya melalui telepon atau secara daring.

“Mengestimasi secara langsung memastikan bahwa penyedia jasa akan melihat semua barang yang perlu diangkut dan dapat mengidentifikasi komplikasi apa pun sebelumnya,” jelas Michael. 

Sebagai contoh, jika ada ranting pohon yang menggantung rendah, ini dapat menyulitkan kendaraan yang digunakan untuk memindahkan barang. 

Baca juga: 5 Kesalahan Mengemas Barang yang Sering Dilakukan Saat Pindah Rumah

Jenis barang yang tidak bisa diangkut

Lindsey Schaibly, Direktur Layanan Pindah di Two Men and a Truck, mengungkapkan  beberapa jasa pindah rumah menolah memindahkan barang-barang tertentu.

Misalnya, perusahaan enggan mengangkut tanaman, barang turun-temurun yang rapuh, atau barang berharga lainnya yang berisiko kehilangan atau kerusakannya terlalu besar. 

Baca juga: 6 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Pindah Rumah ke Kota Kecil

Jenis pertanggungan yang diberikan

Ilustrasi mengemas barang, ilustrasi pindah rumah.SHUTTERSTOCK / sirtravelalot Ilustrasi mengemas barang, ilustrasi pindah rumah.

Di bawah undang-undang, perusahaan, termasuk jasa pindah rumah, harus memberikan perlindungan kepada konsumen, Mereka bertanggung jawab untuk setiap barang rusak selama pemindahan atau pengangkutan. 

Kamu harus menanyakan apakah pihak penyedia jasa memiliki polis asuransi yang menawarkan perlindungan ekstra jika ada barang yang hilang, hancur, atau rusak selama pengangkutan atau pemindahan.

Baca juga: Tips Aman Mengemas Gelas Kaca Saat Pindah Rumah

Bongkar pasang furnitur

Tidak semua perabot rumah tangga bisa diangkut dan dipindahkan dalam keadaan utuh. Beberapa perlu dibongkar terlebih dulu selama proses pemindahan dan dipasang kembali setelah tiba di tempat tujuan.

Beberapa perabot seperti rangka tempat tidur, sofa, dan meja makan sering kali perlu dibongkar terlebih dulu agar bisa memindahkannya dengan aman.

Halaman:
Sumber Realtor
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com