Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Pindah Rumah

Kompas.com - 13/05/2022, 18:21 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Pindahan mungkin terdengar menyenangkan bagi sebagian orang. Bayangan tentang tempat tinggal dengan lingkungan yang baru membuat kita semangat untuk berkemas. Namun ternyata pindahan juga bisa menyebabkan stres.

Saat pindah rumah banyak resiko yang mungkin terjadi, seperti barang yang rusak atau hilang hingga kelebihan anggaran pindahan. Masalah-masalah ini tentunya dapat menyebabkan stres saat pindahan.

Melansir dari My Move, Jumat (13/5/2022), Nah, untuk meminimalisir stres dan resiko saat pindahan rumah, sebaiknya hindari beberapa kesalahan berikut ini.

Baca juga: 6 Tips Beradaptasi di Lingkungan Baru saat Pindah Rumah

Barang yang rusak atau hilang

Saat pidahan tentunya kita meminimalisir kerusakan atau resiko kehilangan barang. Namun seringkali hal ini tidak terhindarkan sehingga beberapa piring menjadi pecah atau terdapat goresan di meja rias favoritmu.

Untuk memberi ketenangan pikiran dan meredakan stress, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kerusakan terjadi saat pindahan.

  • Kemas semuanya dalam kardus dan berikan banyak pembungkus atau kertas sebagai pelindung. Setelah dikemas goyangkan kardus dengan lembut untuk memastikan barang di dalamnya aman. Jika masih ada ruang kosong di dalam kardus, tambahkan bubble wrap atau kertas yang banyak.
  • Simpan dokumen resmi, perhiasan dan barang berharga lainnya di dalam tas yang aman.
  • Beli perlindungan asuransi tambahan dari perusahaan pindahan.

Baca juga: 6 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Pindah Rumah ke Kota Kecil

Barang tertinggal atau terlambat sampai

Seringkali kita menggunakan jasa pindahan untuk mengangkut barang-barang pindahan kita. Jika barang bawaan terlalu banyak, umumnya barang-barang akan dibagi ke 2 kendaraan berbeda.

Hal ini menyebabkan resiko barang tidak sampai di waktu yang bersamaan, terutama jika jarak tempuh dari rumah lama ke rumah baru cukup jauh.

Jika kamu menggunakan layanan sejenis, jangan ragu mengkonfirmasi untuk memeriksa barang pindahan mu pada jasa pindahan.

Pastikan kamu masih bisa bertahan jika harus tinggal 1-2 hari tanpa barang-barang yang mungkin tidak sampai tepat pada waktunya.

Baca juga: 6 Tips Pindah Rumah agar Berjalan Lebih Mudah

Kurangnya perencanaan

Memindahkan barang-barang, terutama barang berat, juga termasuk aktivitas rumah tangga yang bisa membakar kalori cukup banyak.PEXELS/MART PRODUCTION Memindahkan barang-barang, terutama barang berat, juga termasuk aktivitas rumah tangga yang bisa membakar kalori cukup banyak.

Sebelum melakukan pindahan, sebaiknya lakukan perencanaan sedetail mungkin. Perencanaan tetap harus kamu buat meskipun kamu menggunakan jasa pindahan.

Beberapa contoh perencanaan yang harus kamu perhatikan adalah alokasi total biaya, jenis kendaraan pindahan yang digunakan dan akses menuju rumah.

Jangan sampai kendaraan pindahan tidak bisa mencapai depan rumah karena jalan terlalu sempit untuk dilewati.

Baca juga: 4 Perkakas yang Dibutuhkan Saat Pindah Rumah

Tidak sesuai anggaran awal

Sebelum memutuskan untuk memilih perusahaan jasa pindahan, sebaiknya lakukan survey untuk menemukan jasa yang sesuai dengan anggaran awalmu.

Temui layanan pindahan mu dan pastikan setiap detailnya seperti jenis truk yang digunakan dan biaya bongkar muat yang mungkin ditagihkan nantinya.

Ini akan membantumu membuat anggaran dana dan meminimalisir anggaran yang tidak dibutuhkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com