Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankah Mencairkan Daging Beku dengan Microwave? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 15/07/2022, 21:45 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Microwave berfungsi menghangatkan beragam bahan makanan dan  membuat camilan.

Akan tetapi, tidak semua bahan makanan bisa dihangatkan ke dalam microwave, salah satunya, mencairkan daging beku. 

Baca juga: Ketahui, Ini Ragam Penyebab Microwave Terbakar

Dilansir dari The Kitchn, Jumat (15/7/2022), Costas Stathopoulos, ilmuwan makanan dan profesor di Universitas Abertay di Dundee, Skotlandia, mengatakan mencairkan daging beku ke dalam microwave adalah cara yang tidak ideal. 

Lantas, bagaimana cara terbaik mencairkan daging beku?

Cara terbaik dan aman mencairkan daging beku adalah memindahkannya ke rak kulkas dan membiarkannya sampai benar-benar mencair. 

Baca juga: Hati-hati, Jenis Makanan Ini Tidak Boleh Dihangatkan dengan Microwave

Dengan cara itu, daging tidak akan memasuki "zona bahaya" seperti dikatakan United State Department of Agricultura (USDA) atau Departemen Pertanian Amerika Serikat. 

Namun, metode ini hanya dapat mencairkan daging, tetapi tidak pernah cukup hangat bagi bakteri untuk mulai berkembang biak dengan cepat sehingga lebih aman mengonsumsinya. 

Menurut USDA, daging yang dicairkan di kulkas dapat kembali dibekukan dengan aman jika Anda berubah pikiran untuk tidak memasak atau mengolahnya sehingga masih bisa dikonsumsi kemudian hari. 

Baca juga: Perhatikan, 6 Kebiasaan yang Membuat Microwave Cepat Rusak

Metode yang lebih aman untuk kesehatan

Jangan sembarangan membekukan daging, jika salah metode daging bisa berubah warna dan tekstur.Unsplash/Victoria Shes Jangan sembarangan membekukan daging, jika salah metode daging bisa berubah warna dan tekstur.
Selain aman, mencairkan daging beku di dalam kulkas memberikan tekstur lebih baik pada daging saat dimasak karena pembekuan menyebabkan daging kehilangan kelembapannya.

Saat daging dicairkan dalam kulkas, sebagian kelembapan itu perlahan diserap kembali oleh serat otot. Sebaliknya, metode pencairan cepat membuat daging cenderung kehilangan kelembapan dan rasanya sedikit lebih kering dan keras setelah dimasak.

Namun, masalahnya adalah metode ini sangat lambat. Bahkan sesuatu yang kecil seperti dada ayam beku bisa membutuhkan waktu seharian untuk mencair di dalam kulkas. 

Baca juga: 6 Kesalahan Saat Menggunakan Microwave yang Harus Dihindari

Mengapa tidak boleh mencairkan daging beki langsung dalam microwave?

Stathopoulos mengatakan gelombang mikro tidak ideal untuk mencairkan daging beku karena beberapa bagian daging bisa menjadi hangat dan mulai matang. Hal ini dapat membuat Anda berisiko memasak terlalu matang pada sebagian daging.

USDA mengatakan mencairkan daging beku dalam microwave aman. Namun, karena dapat dengan cepat membawa daging ke "zona bahaya"—bakteri berkembang biak paling cepat—daging yang dicairkan harus segera dimasak. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com