Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Benda Rumah Tangga yang Perlu Diganti, Apa Saja?

Kompas.com - 15/07/2022, 20:00 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak semua orang gemar mengganti sejumlah benda atau peralatan di rumah, kecuali sampai benar-benar rusak atau sudah terlalu sering diperbaiki.

Barang-barang yang hanya kotor selama masih berfungsi baik akan tetap digunakan. Akan tetapi, ada sejumlah benda rumah tangga yang sebaiknya diganti karena satu dan lain hal seperti dilansir Hunker, Jumat (15/7/2022). Apa saja?

Baca juga: Catat, Ini 8 Manfaat Sabun Batang untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Selang ventilasi mesin pengering

Ilustrasi mesin cuci, Ilustrasi ruang mencuci.Unsplash/Pixel-Shot Ilustrasi mesin cuci, Ilustrasi ruang mencuci.
Apabila memiliki mesin pengering pakaian, selang ventilasinya harus segera diganti. Selang yang sudah kotor dan berkarat dapat menyebabkan kebakaran karena adanya penumpukan serat dari pakaian.

Selang ventilasi mesin pengering harus diganti setidaknya sekali setahun. Namun, jangan lupa lakukan pemeriksaan setiap enam bulan untuk memastikan tidak ada penyumbatan. 

Baca juga: 5 Kebutuhan Utilitas yang Diperlukan Saat Pindah ke Rumah Baru

Filter air di kulkas

Ada banyak model kulkas dipasaran, salah satunya kulkas dengan fitur keran dispenser yang memungkinkan kamu menuangkan air minum dan es. 

Umumnya, kulkas model ini memiliki filter yang dapat mencegah penumpukan kapur dan kalsium sehingga perlu menggantinya setidaknya setiap enam bulan sekali.

Bahkan, beberapa model kulkas terbaru memiliki fitur pemberitahuan untuk menginformasikan kapan filter harus diganti.

Setiap merek dan model kulkas tentunya berbeda. Jika ingin mengganti filter, periksa kembali buku panduan penggunaan unit.

Baca juga: Selain Memasak, Ini 5 Kegunaan Mentega untuk Keperluan Rumah Tangga

Bantal

Ilustrasi bantal busa.SHUTTERSTOCK / Vereshchagin Dmitry Ilustrasi bantal busa.
Bantal dapat mengumpulkan debu, tungau debu, kulit mati, dan minyak tubuh seiring waktu. Selain itu, bantal dapat kehilangan bentuknya jika telah digunakan untuk waktu cukup lama.

Membersihkannya secara rutin setiap beberapa bulan dapat memperpanjang usia pemakaian bantal,  tetapi perlu menggantinya setiap satu hingga dua tahun.

Baca juga: 5 Manfaat Tablet Pencuci Piring untuk Keperluan Rumah Tangga

Sikat kloset

Sikat kloset perlu diganti setiap enam bulan karena digunakan untuk membersihkan kotoran. Seiring waktu, sikat kloset juga dapat mengembangkan dan menyimpan bakteri jahat seperti jamur dan kuman berbahaya lainnya dari urine atau tinja.

Baca juga: 3 Cara Unik Menggunakan Garpu untuk Kebutuhan Rumah Tangga 

Keset kamar mandi

Keset kamar mandi digunakan untuk menyerap air. Keset biasanya diletakkan di dalam maupun luar kamar mandi yang areanya memiliki kelembapan tinggi

Jadi, sebaiknya mengganti keset kamar mandi setiap beberapa tahun. Keset kamar mandi yang tampak kering dapat basah atau lembap untuk waktu lama, yang akhirnya dapat berjamur.

Untuk menjaganya tetap bersih, keset kamar mandi sebaiknya dicuci seminggu sekali serta menggantinya saat mulai menunjukkan keausan, atau berbau aneh meski sudah dicuci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hunker
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com