Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kesalahan Saat Menggunakan Microwave yang Harus Dihindari

Kompas.com - 30/05/2022, 09:29 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggunakan microwave untuk menghangatkan makanan dapat menghemat waktu dan tenaga saat rutinitas menyiapkan makanan sehari-hari. Namun, agar microwave bekerja dengan efisien dan maksimal, diperlukan penggunaan yang baik.

Dilansir Choice Australia, Senin (30/5/2022) ada beberapa kesalahan umum yang mungkin dilakukan banyak orang saat menggunakan alat elektronik tersebut, seperti berikut ini. 

1. Menempatkan microwave di tempat yang salah

Sebagian besar dapur modern memiliki tempat khusus untuk microwave misalnya tersembunyi di balik lemari built-in, atau di bawah meja, dan tempat terbaik untuk meletakkannya tergantung pada seberapa sering Anda menggunakannya dan seberapa mudah diaksesnya.

Baca juga: Catat, Ini Jenis Wadah yang Aman dan Tak Boleh Digunakan ke Microwave

Ilustrasi microwave - Memanaskan makanan dalam wadah plastik menggunakan microwave.SHUTTERSTOCK / goffkein.pro Ilustrasi microwave - Memanaskan makanan dalam wadah plastik menggunakan microwave.

Apakah Anda meletakkannya di bangku sehingga Anda dapat dengan mudah menggunakannya atau apakah Anda menyembunyikannya di dapur di mana Anda hampir tidak menggunakannya dan lupa bahwa itu ada di sana?

Di mana pun ia diletakkan, berhati-hatilah agar tidak terlalu pas.

Microwave baik yang berdiri sendiri atau built-in akan membutuhkan sekitar 10cm di sekitar sisi dan 20cm di bagian atas untuk memungkinkan ventilasi yang baik (microwave konveksi membutuhkan sedikit lebih banyak), jika tidak, microwave dapat menjadi terlalu panas dan tidak berfungsi.

Pastikan pintu microwave tertutup dengan benar dengan segel yang baik untuk mengurangi risiko kebocoran. 

Baca juga: Cara Membersihkan Microwave dan Oven dengan Bahan Alami

Anda juga harus memastikan pintu microwave Anda tertutup dengan benar dengan segel yang baik untuk mengurangi risiko kebocoran dan untuk meningkatkan kinerjanya.

2. Tidak menutup makanan

Biasanya, beberapa orang memanaskan makanan di dalam microwave tanpa menutup wadahnya, padahal meletakkan tutup pada makanan juga dapat membantu memasak dengan lebih baik karena membantu menahan kelembapan dan meratakan distribusi panas. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com