Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kesalahan Desain yang Membuat Rumah Tampak Kotor dan Berantakan

Kompas.com - 25/03/2022, 12:41 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan rumah menjadi pekerjaan yang sepertinya tak ada habisnya. Bahkan, meski telah menghabiskan waktu berjam-jam untuk membersihkan, rumah masih saja tidak bersih dan rapi sesuai dengan diharapkan. 

Sebetulnya, rumah yang masih terlihat kotor dan berantakan tidak selalu karena kesalahan pembersihkan yang dilakukan. 

Baca juga: Mau Coba Trik Membersihkan Rumah dari TikTok? Lakukan 3 Hal Ini Dulu

Ada beberapa faktor atau "penyebab kekacauan" yang bisa membuat rumah terasa berantakan dan tidak bersih, salah satunya kesalahan desain yang diterapkan. Beberapa desain rumah tertentu bisa membuat rumah terlihat berantakan. 

Dikutip dari Homes to Love, Jumat (25/3/2022), berikut enam kesalahan desain yang membuat rumah terlihat kotor dan berantakan serta cara memperbaikinya. 

Baca juga: 7 Kesalahan Desain Dapur Modular yang Dihindari dan Cara Mengatasinya

Meja dapur yang penuh barang 

Ilustrasi dapur, ilustrasi meja dapur, ilustrasi kitchen island.SHUTTERSTOCK / ThomasPhoto Ilustrasi dapur, ilustrasi meja dapur, ilustrasi kitchen island.
Rumah tidak akan pernah terasa bersih dan rapi jika dibanjiri dengan kekacauan. Meja dapur menjadi area yang rentan mengalami kekacauan seperti meletakkan dokumen, kotak makan siang, barang-barang dapur, dan pernak-pernik lainnya berserakan. 

Untuk mengatasinya, buatlah tempat khusus untuk menyimpannya agar rumah atau dapur tampak rapi. 

Kabel listrik yang terlihat

Kabel listrik yang terlihat atau berserakan dapat membuat rumah tampak berantakan. Untuk menjaga semua kabel listrik tetap teratur, buat ruang khusus untuk tempat mengisi daya ponsel dan laptop secara tersembunyi sehingga tidak mengganggu. Ini bisa berupa laci atau rak khusus di lemari.

Jika unit TV sederhana tidak dapat mengatasinya, cobalah keranjang penyimpanan bergaya sebagai solusi pembuangan yang cepat dan mudah. 

Baca juga: Sempat Tidak Disukai, 7 Tren Desain Rumah Ini Kembali Populer

Tata letak yang buruk 

Ilustrasi ruang keluarga dengan hiasan dindingUnsplash/Spacejoy Ilustrasi ruang keluarga dengan hiasan dinding
Tata letak ruangan yang tidak masuk akal dapat membuat rumah terasa penuh sesak dan tidak menarik. Penempatan furnitur akan sangat mempengaruhi aliran suatu ruang, baik ruangan besar maupun kecil.

Perhatikan juga ukuran furnitur. Apakah sofa mengambil lebih banyak ruang dari seharusnya? Apakah meja kopi tidak proporsional? 

Pastika menata setiap furnitur di ruangan dengan baik sehingga tidak memakan ruang dan membuat rumah tampak teratur. 

Baca juga: Ingin Merenovasi Loteng Rumah? Pertimbangkan 4 Hal Ini Terlebih Dulu 

Salah memilih ukuran karpet 

Ukuran dan bentuk adalah elemen terpenting yang harus diperhatikan saat memilih karpet. Karpet yang terlalu kecildapat membuat ruang terasa lebih kecil dari sebenarnya, penuh sesak, juga berantakan.

Tidak seperti pengaturan makan, furnitur ruang tamu harus diposisikan setengah dari karpet. Ini menyatukan tampilan daripada memiliki potongan mengambang yang akhirnya terlihat terputus-putus. 

Baca juga: 5 Cara Memasukkan Tanaman Hias ke Dekorasi Rumah 

Kombinasi warna yang buruk 

Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa hijau zamrud SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa hijau zamrud
Pemilih warna cat yang salah bisa menjadi salah satu penyebab kekacauan utama di rumah. Meski ada beberapa kombinasi warna yang tidak biasa yang berhasil, ada banyak warna yang tidak bisa dipadupadankan.

Menambahkan warna ke rumah bisa menjadi permainan coba-coba tetapi, tetapi tetaplah sederhana serta berpegang pada satu atau dua warna inti dan lengkapi dengan nada netral.

Tidak dapat memutuskan skema warna? Gambarlah dari karya seni atau pernyataan apa pun yang Anda miliki saat ini, lalu lanjutkan tema itu di seluruh rumah untuk tampilan yang konsisten. 

Baca juga: Simak, 5 Keuntungan Memiliki Ruang Mencuci Pakaian di Rumah 

Kurang pencahayaan 

Pencahayaan yang kurang cenderung membuat rumah terasa sempit dan sulit menentukan dimensi serta warna asli.

Untuk mencerahkan ruangan, pertimbangkan menggantung cermin tepat di seberang jendela guna memantulkan sinar matahari alami.

Selain itu, pilih perabotan dan furnitur yang ringan serta berwarna netral dan gunakan lampu lantai pada sudut-sudut gelap untuk mencerahkan ruangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com