Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/03/2022, 14:28 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain dapur modular mengacu pada pendekatan yang melibatkan organisasi sub-rakitan atau bagian yang berbeda seperti lemari dapur, kabinet, dan laci, yang dapat diintegrasikan dan dikonfigurasikan ke dalam satu sistem holistik.

Desain modular dianggap dapat memenuhi berbagai kebutuhan rumah tangga, dari memulai dekomposisi sistem kompleks menjadi unit sederhana, mensimulasikan efisiensi, hingga fleksibilitas di lokasi pemasangan.

Dikutip dari Architectural Digest, Selasa (8/3/2022), berikut beberapa manfaat desain dapur modular sebagai tambahan sempurna untuk setiap rumah. 

Baca juga: Gampang, Ini 6 Tips Menata Dapur Tetap Rapi dan Bersih 

Manajemen ruang

Ilustrasi dapur modular, ilustrasi kabinet dapur. Unsplash/Sidekix Media Ilustrasi dapur modular, ilustrasi kabinet dapur.
Secara optimal, desain dapur modular menggunakan setiap sudut ruang dalam konteks sehingga memaksimalkan fungsionalitas dan menambah sistem penyimpanan dengan mulus.

Menawarkan berbagai solusi organisasi, setiap unit dilengkapi dengan serangkaian aksesori inovatif dan gaya kabinet modular yang membantu mensimulasikan lingkungan dapur yang tertata.

Pada dasarnya, desain dapur modular ringkas dalam desain serta mengusung efisiensi. 

Baca juga: 7 Hal yang Jangan Dilakukan Saat Membersihkan Dapur 

Instalasi hemat biaya

Ini diproduksi secara massal dan cukup ekonomis dalam hal pemasangan. Sifat prafabrikasi dari desain dapur modular memungkinkan pemasangan yang sederhana dan cepat di lokasi—sering kali tidak lebih dari seminggu untuk menyelesaikan prosedur.

Selain itu, proses pemasangan juga membutuhkan lebih sedikit tenaga kerja.

Perawatan dan perbaikan yang mudah

Ilustrasi dapurUnsplash/Aaron Huber Ilustrasi dapur
Dirancang sedemikian rupa sehingga setiap celah kecil dapat diakses, desain dapur modular sangat mudah dibersihkan dan dirawat.

Karena sistem ini hampir semuanya dapat dilipat, alas dan aksesori lain dari dapur modular dapat dengan mudah dilepas untuk memastikan pembersihan atau perbaikan menyeluruh. 

Baca juga: Catat, 10 Benda Dapur Ini Bisa Dibersihkan dengan Lemon 

Variasi dan kustomisasi

Dapur modular tersedia dalam berbagai pilihan warna, tekstur, bahan, dan desain. Dari yang apik dan modern hingga apik serta halus, desain dapur modular menawarkan kecocokan untuk setiap rumah dan estetika.

Unit dapur modular juga dapat disesuaikan dan dipersonalisasi dengan sedikit variasi dari desain asli serta konvensional, tergantung pada kebutuhan pelanggan dalam konteksnya. 

Baca juga: 5 Tren Warna Dapur Terbaik Menurut Desainer Interior

Renovasi dan fleksibilitas 

Karena sifatnya yang fungsional, desain dapur modular memungkinkan penghuni rumah  mengubah estetika dapur mereka kapan saja.

Dengan desain ini, membuat dapur memiliki tampilan yang benar-benar baru hanya dengan mengganti lemari dapur, lemari, kenop, atau ubin backsplash.

Dapur modular yang fleksibel dan selalu dapat beradaptasi membantu penghuni rumah bergerak seiring waktu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com