Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/02/2022, 14:23 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat merencanakan merenovasi dapur, kekhawatiran terbesar adalah mengenai anggaran. Sebagian besar anggaran akan digunakan untuk barang-barang mahal seperti meja dapur atau countertops. 

Ada banyak material meja dapur yang bisa dipilih seperti batu alam, granit, dan marmer. Material ini bisa menambah gaya elegan serta cantik ke dapur, tetapi harganya tidak murah. 

Baca juga: 6 Tips Menjaga Meja Dapur Tetap Bersih dan Rapi

Untungnya, ada banyak material meja dapur yang bagus dengan anggaran minim. Namun, sebelum memutuskan material meja dapur, pertimbangkan gaya hidup Anda.

Misalnya, keluarga yang sibuk akan memilih material yang minim perawatan dan tahan lama. Jika Anda terobsesi dengan memanggang, marmer bisa menjadi pilihan berharga karena kemampuannya untuk mempertahankan suhu dingin.

Namun, bila ingin menghemat pengeluaran, pertimbangkan membuat DIY meja dapur. Ada beberapa material yang dipilih seperti beton dan ubin. Bahkan laminasi dan kayu bisa menjadi proyek DIY yang dapat dicapai bagi banyak orang.

Dikutip dari Bobvila, Selasa (22/2/2022), berikut lima material meja dapur dengan harga terjangkau. 

Baca juga: 3 Material Meja Dapur yang Tahan Lama Menurut Ahli 

Laminasi 

Ilustrasi meja countertops di dapurUnsplash/Joe Ciciarelli Ilustrasi meja countertops di dapur
Meja dapur laminasi modern terus berubah menjadi lebih baik seiring waktu. Berkat teknik pencetakan yang canggih, meja dapur laminasi sekarang dapat meniru tampilan batu alam atau kayu, bahkan lebih sulit dibedakan dari yang asli.

Meski laminasi dulu terkenal mudah tergores, kini laminasi tahan goresan serta tidak ketinggalan zaman.

Concrete

Meja dapur concrete menawarkan rasa padat dan bersahaja yang sama seperti batu alam, tetapi dengan biaya lebih murah — terutama jika Anda bisa membuat DIY.

Meja dapur concrete juga bisa menyembunyikan berbagai noda dan cocok hampir semua dengan desain dapur. 

Baca juga: 4 Tips Membuat Meja Dapur Terlihat Lebih Cantik dan Mewah

Keramik 

Jika menginginkan daya tahan batu alam, tetapi tidak memiliki banyak anggaran, pertimbangkan menggunakan material ubin atau keramik.

Ubin hadir dalam berbagai desain warna-warni atau nada alami dan dapat menghemat uang secara signifikan dibanding lempengan batu yang dipotong khusus.

Pertimbangkan menggunakan ubin yang lebih mahal sebagai batas atau aksen dalam hubungannya dengan gaya lebih sederhana dan lebih terjangkau. 

Baca juga: 5 Benda yang Jangan Diletakkan di Atas Countertop Dapur

Kayu 

Ilustrasi meja dapur dengan bunga sebagai elemen dekorasinya. SHUTTERSTOCK/SWITLANA SONYASHNA Ilustrasi meja dapur dengan bunga sebagai elemen dekorasinya.
Sementara marmer atau granit dapat memberikan tampilan yang dingin, meja dapur kayu bisa menambah kehangatan ke dapur.

Kayu memiliki manfaat tambahan karena jauh lebih murah daripada batu. Bambu dan maple adalah pilihan populer, tetapi berbagai jenis kayu lain juga tersedia. 

Jika memilih meja kayu, ingatlah bahwa mereka membutuhkan pemolesan setiap dua hingga tiga tahun. 

Baca juga: 6 Inspirasi Dekorasi Dapur Mewah, Bersih dan Elegan

Akrilik padat

Meja akrilik permukaan padat tahan gores dan noda sehingga membantu menghemat pengeluaran untuk perawatan. Material akrilik juga menawarkan daya tahan serta harga lebih murah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bobvila
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com