Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Memasukkan Tanaman Hias ke Dekorasi Rumah

Kompas.com - 24/03/2022, 12:34 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tinggal di rumah kecil atau apartemen perkotaan sering kali memerlukan perjuangan untuk memaksimalkan ruangan

Untuk melakukan perombakan pada rumah kecil, sebetulnya hanya perlu memanfaatkan sedikit cara, salah satunya memasukkan tanaman hias ke rumah. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Tidak Membutuhkan Cahaya Matahari Langsung

Tanaman dalam ruangan sangat cocok untuk membawa sentuhan alam ke dalam rumah serta ketenangan untuk kehidupan yang sibuk.

Selain itu, tanaman hias dapat mempercantik tampilan rumah serta memberi kehidupan dan warna ke setiap sudut ruangan dengan cara terjangkau.

Tanaman hias juga memiliki kualitas penyembuhan, menghilangkan stres, membantu konsentrasi, dan memurnikan udara di dalam ruangan. 

Namun, bagaimana menggabungkan tanaman hias ke dalam ruangan? 

Dikutip dari Architectural Digest India, Kamis (24/3/2022), berikut lima cara memasukkan tanaman hias ke dekorasi rumah. 

Baca juga: 5 Cara Sederhana Menjaga Tanaman Dalam Ruangan Tetap Sehat 

Isi ruangan dengan ketinggian tanaman yang bervariasi

Ilustrasi tanaman hias indoor, tanaman hias di dalam ruangan. PEXELS/HUY PHAN Ilustrasi tanaman hias indoor, tanaman hias di dalam ruangan.
Tanaman sangat cocok untuk mengisi ruang kosong di ruangan seperti di rak buku dan meja aksen. Cobalah meletakkan tanaman sukulen dan kaktus yang menggemaskan ke kamar tidur bayi

Kelompokkan tanaman dengan ketinggian berbeda-beda, tetapi juga menggunakan pot yang sangat rendah dan datar untuk mengalirkan air sukulen yang tumpah ke tepi rak.

Tanaman sukulen dan kaktus membutuhkan drainase yang baik. Untuk itu, disarankan membuat lubang kecil dengan palu dan paku atau bor pada bagian bawah pot tanaman. 

Baca juga: 6 Tips Merawat Tanaman Hias Tetap Sehat dan Subur

Tampilkan tanaman hias di tempat tidak terduga 

Tidak perlu mengambil ruang counter ketika dapat menggunakan ruang terbuka yang sudah tersedia untuk menampilkan tanaman dalam ruanga. 

Pilih tempat atau area tidak terduga untuk menampilkan tanaman hias dalam ruangan seperti di atas kulkas, relung dinding, dan menggantungnya di plafon. 

Pilih tanaman dalam ruangan yang berukuran besar 

Tidak hanya indah dilihat, pohon palem juga menciptakan semacam hutan hujan dalam ruangan yang mungil sehingga dapat membuat rumah terasa lebih sejuk ketika cuaca panasSHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Tidak hanya indah dilihat, pohon palem juga menciptakan semacam hutan hujan dalam ruangan yang mungil sehingga dapat membuat rumah terasa lebih sejuk ketika cuaca panas
Tanaman besar menambah kedalaman dan drama untuk dekorasi rumah. Tergantung pada ruangan yang tersedia, bawa tanaman besar seperti fiddle leaf fig, rubber plant atau tanaman karet, bird-of-paradise, serta areca palm. 

Tanaman berukuran besar ini dapat berdiri sendiri di sudut-sudut ruangan. Tanaman lainnya, monstera berukuran sedang dan pakis Boston atau tanaman ZZ bisa menempati meja samping di ruang tamu atau kamar tidur

Baca juga: 5 Tanaman Dalam Ruangan Ini Bisa Memurnikan Udara dan Hilangkan Racun

Tambahkan dekorasi cermin

Tanaman dan cermin memberi tampilan yang tidak biasa. Cermin hanya memantulkan dinding kosong. Tambahkan beberapa tanaman di depan atau di seberangnya sehingga memberi pemandangan yang langsung terlihat nyata.

Tak hanya itu, cermin yang ditempatkan dengan baik dapat membuat ruang kecil terlihat lebih luas. Cermin juga dapat menjadi titik fokus di ruangan. 

Baca juga: 9 Tanaman Hias Indoor Warna-warni yang Mampu Mencerahkan Ruangan

Gunakan tanaman bunga 

Apa pun cuacanya, baik itu sinar matahari maupun hujan, cara mudah menanamkan sentuhan musim semi di rumah adalah menggunakan tanaman berbunga.

Untuk memperolehnya, Anda dapat membeli rangkaian bunga yang sudah jadi atau bunga potong untuk membuatnya sendiri.

Anda bisa menggunakan bunga musiman atau tanaman berbunga yang cocok ditanam di dalam ruangan seperti anthurium, peace lily atau lili perdamaian, dan tanaman anggrek. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com