Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/02/2022, 08:24 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki tanaman hias dapat sangat baik untuk kesehatan mental. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa memiliki tanaman dan bunga di ruangan dapat meringankan rasa sakit dan kecemasan.

Akan tetapi, dikutip dari Apartment Therapy, Sabtu (26/2/2022), menempatkan tanaman hias di kamar tidur masih menimbulkan banyak pro dan kontra. Sejumlah praktisi feng shui mengatakan, energi bersemangat tanaman hias salah untuk ruang yang tenang seperti kamar tidur.

Namun demikian, beberapa ahli lansekap mengatakan tanaman hias di kamar tidur sebenarnya bisa menenangkan dan merangsang tidur.

Baca juga: 11 Tanaman Hias Beracun untuk Manusia dan Hewan Peliharaan, Apa Saja?

Ilustrasi kamar tidurUnsplash/Spacejoy Ilustrasi kamar tidur

Jika Anda menempatkan tanaman hias di kamar tidur, Anda hanya perlu memilih tanaman yang tepat dan memastikan mereka mendapatkan aspek yang dibutuhkan untuk hidup dan tumbuh.

“Semua tanaman membutuhkan sinar matahari, aliran udara yang baik, air, dan lain-lain., di mana pun ia berada,” kata Lisa Griffin, ahli hortikultura rumah kaca di Filoli.

“Memilih tempat yang tepat untuk tanaman harus didasarkan pada kebutuhan cahayanya,” tambah penulis Sarah Gerrard-Jones.

Jika Anda ingin meletakkan tanaman hias di kamar tidur, berikut adalah beberapa tanaman yang menurut para ahli akan menjadi tambahan yang indah untuk kamar tidur Anda.

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Bisa Ditanam dan Diletakkan di Luar Ruangan

1. Calathea

Saat Anda membutuhkan sedikit dorongan untuk tertidur, maka tanaman Calathea bisa menjadi pilihan Anda.

“Tanaman ini menandakan bahwa sudah waktunya untuk tidur karena daunnya terlipat ke atas,” kata Debbie Neese, ahli hortikultura di Lively Root.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com