Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Menata Kamar Tidur Sempit agar Apik dan Nyaman

Kompas.com - 24/02/2022, 07:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tata letak dan penataan kamar tidur sempit penting untuk dipertimbangkan jika Anda ingin menciptakan kamar tidur yang bergaya dan fungsional dengan ruang terbatas.

Ruang lantai yang sempit, langit-langit rendah, dan sudut yang canggung dapat menghadirkan tantangan saat mendesain kamar tidur sempit. Akan tetapi, dengan beberapa perencanaan yang cerdas, kamar tidur sempit bisa tetap nyaman dan apik. 

Dikutip dari Homes & Gardens, Kamis (24/2/2022), ada banyak cara cerdik untuk membuat kamar tidur sempit terlihat dan terasa lebih luas, mulai dari penempatan furnitur hingga ide penyimpanan yang cerdas.

Baca juga: Panduan Memilih Kasur yang Tepat untuk Kamar Tidur

Ilustrasi kamar tidur sempit, rak buku di kamar tidurSHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi kamar tidur sempit, rak buku di kamar tidur

Dalam hal ide tata letak kamar tidur sempit, mungkin sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai.

Sebaiknya mulai dengan denah lantai yang menguraikan dimensi ruangan dan menyertakan fitur arsitektur utama ruang seperti jendela dan pintu.

"Menggunakan selembar kertas untuk membuat sketsa denah umum ruang adalah cara sederhana dan mudah untuk merencanakan kamar tidur secara visual. Atau, jika Anda memiliki akses ke alat online, ini dapat membantu akurasi ukuran dan ruang yang tersisa saat bermain-main dengan desain," kata Anna Franklin, desainer interior dan pendiri Stone House Collective.

Setelah Anda memiliki rencana ruang yang jelas, Anda dapat memikirkan tempat terbaik untuk menempatkan furnitur.

Baca juga: 6 Tips Feng Shui Kamar Tidur Anak, Bisa Menaikkan Kepercayaan Diri

Berikut beberapa ide penataan kamar tidur sempit agar tetap nyaman dan apik.

1. Pertimbangkan posisi tempat tidur

Dalam hal ide tata letak kamar tidur kecil, keputusan terbesar yang harus diambil adalah di mana tempat tidur akan ditempatkan. Ini akan berdampak besar pada tampilan dan nuansa ruang serta cara penggunaannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com