Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Mendekorasi Kamar Tidur dengan Warna Coklat

Kompas.com - 24/02/2022, 13:23 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna netral seperti putih dan abu-abu banyak digunakan untuk diaplikasikan di kamar tidur. Warna ini dianggap dapat memancarkan ketenangan dan kenyamanan.

Namun, selain putih dan abu-abu, cobalah mempertimbangkan menggunakan warna netral lain seperti coklat di kamar tidur. 

Baca juga: 6 Tips Menata Kamar Tidur Sempit agar Apik dan Nyaman

Coklat memiliki nuansa dan kedalaman yang tak ada habisnya sehingga dapat menghadirkan suasana nyaman ke dalam kamar tidur. 

Ada banyak cara menghadirkan nuansa coklat ke kamar tidur, dari dinding pernyataan hingga furnitur cokelat yang kaya. 

Berikut enam ide mendekorasi kamar tidur dengan warna coklat dikutip dari My Domaine, Kamis (24/2/2022). 

Baca juga: Panduan Memilih Kasur yang Tepat untuk Kamar Tidur

Cat dinding aksen 

Ilustrasi kamar tidur - Kamar tidur bernuansa cokelat.SHUTTERSTOCK / Furyoku Ilustrasi kamar tidur - Kamar tidur bernuansa cokelat.
Lapisan cat coklat yang kaya dapat menciptakan pelarian yang nyaman dan hangat di kamar tidur. Warna ini sangat bagus untuk ruangan dengan banyak cahaya alami yang tidak akan terasa terlalu gelap dan redup.

Gunakan coklat sebagai warna aksen dan padukan dengan warna-warna berani seperti oranye, hijau, atau warna netral seperti krem muda atau putih pudar agar cokelat benar-benar menjadi pusat perhatian. 

Baca juga: Kamar Tidur di Atas Garasi Buruk Menurut Feng Shui, Mengapa?

Furnitur coklat 

Pilih furnitur dengan warna coklat kaya yang terasa membumi, tetapi jaga agar ruangan tetap terang dan lapang dengan warna netral serta sejuk.

Untuk cat dinding, pilih warna putih pudar atau krem muda yang memberikan kedalaman ruangan, tetapi tidak akan terasa gelap saat dipasangkan dengan tempat tidur cokelat dan meja nakas. 

Baca juga: Selain Hitam, Ini 5 Warna Kamar Tidur yang Cocok dengan Tema Monokrom 

Gunakan bahan alami

Cokelat bekerja sangat baik dalam tekstil alami seperti linen atau bambu. Lapisi tempat tidur dengan seprai coklat untuk menambahkan banyak tekstur dan memberikan kedalaman di kamar tidur. 

Untuk menjaga kamar tidur tetap lembut dan netral, tambahkan warna hijau atau oranye yang diredam di seluruh seni dinding atau pada bantal tidur untuk memberi sentuhan warna. 

Baca juga: Warna Feng Shui Kamar Tidur Terbaik untuk Ketenangan Anda

Plafon kayu 

Ilustrasi kamar tidur - Kamar tidur bernuansa cokelat.SHUTTERSTOCK / Followtheflow Ilustrasi kamar tidur - Kamar tidur bernuansa cokelat.
Pertimbangkan mengubah plafon dengan lapisan panel kayu untuk mengubah kamar tidur dan membuat pernyataan instan. Gunakan furnitur dan aksesori kayu untuk tetap mempertahankan nuansa netral serta menenangkan.  

Buat suasana peachy 

Selanjutnya, ide mendekorasi kamar tidur dengan warna coklat adalah berfokus pada nuansa cokelat pucat dan memasangkannya dengan oranye peachy.

Karena coklat dan peach memiliki warna yang sama, keduanya sangat cocok dan bisa menjadi cara  bagus memberi warna pada kamar tidur tanpa terlalu mencolok. 

Baca juga: 5 Warna Cat Kamar Tidur Bayi yang Menyenangkan dan Menenangkan

Wallpaper coklat 

Wallpaper tidak hanya menambah tekstur pada ruang, tetapi juga memberi banyak daya tarik visual tanpa menggantungkan seni sama sekali.

Gunakan wallpaper dengan rona atau motif coklat yang tidak terlalu mencolok agar tidak membuat kamar tidur terlihat gelap serta ruang tetap nyaman. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com