Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Warna Cat Kamar Tidur Bayi yang Menyenangkan dan Menenangkan

Kompas.com - 15/02/2022, 22:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain memberikan warna dan mempercantik ruangan, warna cat yang tepat dapat memberi perbedaan di kamar tidur bayi.

"Ini adalah tempat bayi baru Anda akan pulang dan menghabiskan sebagian besar waktu mereka," kata Nicole Gibbons, pendiri Clare, sebuah perusahaan cat, dilansir dari Martha Stewart, Selasa (15/2/2022). 

Baca juga: 4 Tips Dekorasi Lucu untuk Kamar Tidur Bayi

Namun, kamar tidur bayi juga menjadi ruang untuk orang tua menghabiskan banyak waktu bersama sang buah hati. Jadi, penting menjaga kamar tidur bayi tidak hanya menarik bagi bayi, tetapi juga Anda.

Untuk memastikan kamar bayi terasa menenangkan dan menyenangkan bagi Anda dan si kecil, Patrick O'Donnell, Duta Merek Cat Internasional di Farrow & Ball, mengatakan penting memilih warna cat yang dapat berkembang dengan ruangan.

Berikut pilihan warna cat untuk kamar tidur bayi yang menyenangkan dan menenangkan. 

Baca juga: Bolehkan Menggunakan Humidifier di Kamar Tidur Bayi? Ini Penjelasannya  

Abu-abu muda

Ilustrasi kamar bayi.SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi kamar bayi.
Warna abu-abu yang lembut dan lapang dapat menciptakan suasana kamar tidur bayi yang nyaman. "Abu-abu yang menenangkan adalah penangkal yang sangat baik untuk hari yang panjang," kata Gibbons.  

Hijau yang menenangkan 

Jika mencari naungan dengan sedikit lebih banyak semangat, Andrea Magno, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Warna di Benjamin Moore, mengatakan mengaplikasikan warna hijau yang tenang. 

Baca juga: Tips Desain dan Dekorasi Kamar Bayi Menurut Feng Shui 

Netral hangat

Menurut Sue Wadden, Direktur Pemasaran Warna di Sherwin-Williams, warna cat netral seperti krem dapat menghasilkan keajaiban di kamar tidur bayi. Menggunakan warna netral memudahkan Anda mendekorasi kamar bayi dengan berbagai gaya. 

Kuning lembut

Ilustrasi kamar bayi dengan warna cat kuningShutterstock/Tr1sha Ilustrasi kamar bayi dengan warna cat kuning
Untuk rona populer yang ceria, tetapi nyaman, Magno merekomendasikan warna kuning muda yang memberi energi.

Magno menjelaskan, kuning hangat menciptakan cahaya yang ramah di kamar tidur bayi. Selain itu, Anda dapat mengaplikasikan warna segar seperti kuning-hijau pucat yang dapat memberikan keseimbangan sempurna antara menyenangkan serta menenangkan. 

Baca juga: Ini Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Karpet untuk Kamar Bayi

Abu-abu tua

O'Donnell menyarankan mengecat kamar tidur bayi menggunakan warna abu-abu tua. "Meski efeknya dramatis, itu juga mengejutkan dan bertindak sebagai foil yang bagus untuk dipadukan dengan karya seni dan aksesori," jelasnya.

Untuk tidak membebani ruangan, Anda bisa menggunakan warna ini sebagai aksen dan tidak mengaplikasikan ke semua permukaan dinding. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com