Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/06/2021, 20:49 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran si buah hati di rumah tentu memberi kebahagiaan, terlebih bila bayi telah lama dinantikan. Berbagai kebutuhan bayi pun dipersiapkan, termasuk mendekorasi kamar tidur.

Salah satu kesulitan mendekorasi kamar bayi adalah menentukan warna cat yang tepat. Sama dengan kamar tidur orang dewasa, warna cat pada dinding kamar tidur bayi juga berpengaruh pada kondisi psikologi dan kualitas tidur. 

Baca juga: 4 Pilihan Warna Cat Kamar Tidur yang Dapat Memberi Kenyamanan

Karena itu, memilih warna cat untuk kamar tidur bayi tak boleh asal. Warna cat yang tepat tidak hanya mempercantik kamar, tapi juga memberi kenyamanan dan ketenangan tidur pada si kecil.

Melansir dari laman Martha Stewart, Jumat (11/6/2021), berikut ini empat rekomendasi warna cat untuk kamar bayi. 

Baca juga: 5 Warna Cat yang Dapat Meningkatkan Nilai Jual Rumah

Abu-abu muda

Warna cat abu-abu yang lembut dan lapang dapat menciptakan suasana nyaman di kamar bayi.

"Abu-abu yang menenangkan dan nyaris tidak ada adalah penangkal yang sangat baik untuk hari yang panjang," kata Nicole Gibbons, desainer interior sekaligus pendiri Clare. 

Baca juga: Ingin Tidur Berkualitas? Singkirkan 9 Hal Ini dari Kamar Tidur

Hijau yang menenangkan

Jika mencari naungan dengan lebih banyak kegembiraan, Andrea Magno, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Warna untuk Benjamin Moore, merekomendasikan memilih warna hijau yang tenang.

Sedangkan, untuk warna yang lebih terang dan masih memberikan sedikit kesan, Ashley Banbury dari Dutch Boy, merekomendasikan Misted Meadow 329-2DB atau warna bayangan dari hijau untuk menciptakan lingkungan yang nyaman.

"Ini lebih netral, jadi cocok dengan banyak skema warna," katanya. 

Baca juga: 5 Tren Warna Cat Dapur 2021

Netral hangat

Menurut Sue Wadden, Director of Color Marketing di Sherwin-Williams, warna cat netral seperti krem dapat memberikan keajaiban di kamar bayi.

"Alabaster SW 7008 berwarna putih hangat dengan sedikit warna kuning yang menjadi latar belakang yang ramah untuk semua dekorasi,” ucapnya. 

Baca juga: 5 Pilihan Warna Cat Terbaik untuk Ruang Keluarga Menurut Para Ahli

Selain itu, Anda juga dapat mencoba On Point by Clare atau Antique White 011W by Dutch Boy untuk warna putih pudar yang lembut dan cocok dipadukan dengan warna kontras. 

Kuning lembut

Untuk rona populer yang ceria, tetapi nyaman, Magno merekomendasikan warna kuning muda yang dapat memberi energi.

"Kuning hangat seperti Man on the Moon OC-106 oleh Benjamin Moore menciptakan cahaya yang ramah di kamar bayi," jelasnya. 

Baca juga: 6 Inspirasi Warna Cat untuk Kamar Berukuran Kecil agar Terlihat Luas

"Sementara kuning-hijau pucat seperti Dark Linen 2147-60, memberikan keseimbangan sempurna antara menyenangkan dan menenangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com