Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Ide Warna Cat Dinding untuk Kamar Tidur Anak

Kompas.com - 17/04/2021, 16:58 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Kamar anak atau kamar bayi bisa menjadi salah satu tempat paling menyenangkan di rumah untuk didekorasi. Ada beragam warna yang bisa kamu pilih untuk kamar si kecil.

Ada baiknya, kamu tidak hanya memikirkan warna merah muda untuk anak perempuan dan warna biru untuk anak laki-laki, karena di luaran sana, kamar anak bisa saja gabungan dari warna-warna terang dan warna pastel yang tak memandang gender.

Orangtua juga bisa menanyakan selera anak terkait kamar miliknya tersebut.

Baca juga: Simak, Ide Mendekorasi Kamar Tidur Anak Perempuan

“Jika anak sudah cukup besar, pertimbangkan untuk membiarkan mereka membantu memilih warna cat untuk kamar mereka, memungkinkan mereka untuk mengekspresikan kreativitas unik mereka sendiri,” kata manajer pemasaran warna senior PPG Paints, Amy Donato seperti dikutip dari Family Handyman, Sabtu (17/4/2021). 

“Biarkan mereka memilih keluarga warna dan kemudian memilih warna tertentu untuk membantu mencocokkan dekorasi dan gaya ruangan lainnya,” imbuhnya.

Uji warna secara virtual

Jelajahi warna cat secara online sebelum membuat keputusan.

“Manfaatkan situs web merek cat yang menawarkan simulator warna virtual, sehingga kamu bisa menunjukkan pada anak bagaimana tampilan (warna) nya pada empat dinding (kamar anak),” kata desainer interior dan pakar warna Diana Hathaway.

Baca juga: 10 Ide Kamar Tidur di Ruang Terbatas untuk Anak Laki-laki

“Beberapa situs menampilkan opsi unggah foto sehingga kamu dapat melihat dengan tepat bagaimana warna akan terlihat di kamar mereka,” imbuhnya.

Pertimbangkan suasana hati

Warna yang berbeda dapat membangkitkan suasana hati yang berbeda pada anak. Jadi saat memilih warna cat, pikirkan jenis lingkungan emosional yang ingin kamu ciptakan di kamar anak.

“Jika kamu ingin menanamkan rasa tenang dan relaksasi di kamar anak, gunakan warna biru sejuk dan hijau lembut,” tutur Donato.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com