Kompas.com - 03/04/2021, 20:00 WIB
Ilustrasi kamar tidur anak. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EUIlustrasi kamar tidur anak.

JAKARTA, KOMPAS.com — Mengajarkan konsep tidur di kamar sendiri pada anak-anak memang tidaklah mudah. Apalagi jika anak selama ini tidur bersama orangtuanya.

Untuk membiasakan anak tidur sendiri, kamu harus mencoba beberapa cara, salah satunya mendesain kamar anak agar lebih menarik.

Buat kamu yang memiliki anak laki-laki, beberapa ide desain kamar di ruang yang sempit berikut ini mungkin bisa menjadi inspirasi untuk diterapkan pada hunian, seperti dikutip dari Living Etc, Sabtu (3/4/2021). 

Baca juga: Berapa Seharusnya Jarak Furnitur di Kamar Tidur?

1. Kecil tapi bergaya

Tak perlu ruang yang besar untuk mewujudkan kamar anak. Kamu bisa menyiasati ruangan yang kecil untuk tempat anak istirahat sekaligus mengekspresikan diri.

Pilih perabotan kecil, dan coba kasur lesehan tanpa dipan, agar ruangan tak tampak penuh.

Beri karpet dengan tema tokoh kesayangan anak, dan jangan lupa untuk menambahkan poster-poster dan juga beberapa gantungan di langit-langit khas anak-anak.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Ruang di bawah tempat tidur

Untuk kamu yang masih ingin menggunakan dipan, kamu bisa merancang dipan dengan kotak penyimpanan di bagian bawah. Kamu bisa merancangnya dengan hendel dan rel laci agar lebih mudah membua dan menutupnya.

Baca juga: 5 Pilihan Warna Cat yang Sesuai untuk Kamar Tidur Pria

Elaine Penhaul, direktur perusahaan pementasan rumah profesional Lemon and Lime Interiors mengatakan, "Penyimpanan selalu menjadi masalah di kamar kecil, terutama bagi anak yang memiliki banyak barang."

Cara terbaik untuk memanfaatkan kamar kecil adalah dengan membeli tempat tidur dengan penyimpanan di bawahnya sehingga kamu dapat menyimpan mainan dan pakaian di tempat yang tidak akan terbuang percuma.

Laci penyimpanan atau tempat tidur bergaya ottoman sangat cocok untuk ini karena membuat kantong penyimpanan tersembunyi tanpa membatasi ruang di dalam ruangan.

Tempat tidur tingkat tinggi juga bagus dan dapat menciptakan elemen tambahan yang menyenangkan dengan memasukkan tema kreatif, seperti kapal bajak laut atau kastil.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Living Etc
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X