Kompas.com - 17/04/2021, 14:25 WIB
Ilustrasi tanaman kaktus. PIXABAY/LUISELLA PLANETA LEONIIlustrasi tanaman kaktus.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki perawatan yang lebih mudah daripada tanaman hias lainnya, membuat kaktus menjadi pilihan yang tepat untuk pemula. Selain itu, bentuknya yang kecil membuatnya cocok diletakkan di rumah yang memiliki luasan terbatas.

Seperti yang dilansir dari Red Online, Sabtu (17/4/2021), meskipun memiliki ukuran yang kecil, namun kaktus memiliki manfaat yang luar biasa ketika diletakkan di dalam rumah.

Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: 4 Cara Merawat Kaktus di Dalam Ruangan agar Tidak Busuk dan Mati

1. Memberikan udara segar

Selama proses fotosintesis, tumbuhan melepaskan oksigen, namun, pada malam hari sebagian besar tumbuhan bernapas seperti manusia, melepaskan karbon dioksida.

Sukulen dan beberapa tanaman lain seperti anggrek dan pohon pinang, terus menghasilkan oksigen sepanjang malam.

Simpan tanaman ini di kamar tidur untuk mendapatkan tambahan udara segar selama tidur Anda yang pada akhirnya menghasilkan tidur malam yang lebih nyenyak.

2. Memurnikan udara

Seperti tanaman lidah mertua dan lidah buaya, kaktus sangat baik dalam membersihkan udara dan membuang racun.

Baca juga: Trik Merawat Kaktus di Dalam Ruangan

Penelitian NASA menemukan bahwa mereka mampu menghilangkan 87 persen senyawa organik yang mudah menguap (VOC). Tanaman ini sangat membantu di perpustakaan dan lingkungan belajar karena zat VOC seperti benzena dan formaldehida ditemukan di karpet, asap rokok, tas belanjaan, buku, dan tinta.

3. Mencegah penyakit

Sekitar 10 persen kelembaban di atmosfer adalah air yang dikeluarkan oleh tanaman. Hal yang sama berlaku untuk rumah Anda.

Semakin banyak tanaman yang Anda miliki, terutama dalam pengelompokan, semakin baik Anda dapat meningkatkan kelembaban di rumah yang dapat mencegah kulit kering, masuk angin, radang tenggorokan dan batuk kering.

Halaman:


Sumber Red Online
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X