Kompas.com - 17/04/2021, 07:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain tanaman hias daun dan bunga, tanaman kecil seperti kaktus juga menarik hati para pencintanya untuk merawatnya. Tak hanya cantik, namun kaktus ini merupakan solusi untuk merawat tanaman di ruangan terbatas.

Bahkan, dilansir dari Southern Living, Sabtu (17/4/2021), kaktus lebih mudah dirawat daripada tanaman hias lainnya, karena mereka hanya membutuhkan sedikit air untuk hidup. Namun, seperti halnya dengan tanaman lain, kaktus juga tak luput dari perawatan agar bisa tumbuh subur.

Bagaimana cara merawatnya? Simak ulasannya berikut ini. 

Baca juga: Simak, Cara Menyiram Kaktus yang Benar

1. Beri cahaya cukup

Kaktus dapat hidup dengan baik dari paparan sinar matahari langsung, untuk itu tempatkan mereka di sudut rumah yang mendapatkan sinar matahari paling hangat dan cerah. Bawa mereka ke luar saat suhu terendah malam hari di atas 10 derajat Celsius. 

Meskipun kaktus harus mendapatkan sinar matahari hingga delapan jam per hari, penting juga untuk diperhatikan bahwa kaktus tidak dapat terus menerus terpapar sinar matahari, karena akan terbakar dan menyebabkan berubah warna menjadi kuning atau cokelat.

Jika itu mulai terjadi, pindahkan kaktus dari sumber cahayanya untuk mendingin. Namun, jauhkan tanaman ini dari AC atau jendela berangin karena mereka menyukai iklim hangat dan kering.

2. Sirami

Kaktus dikenal bertahan hidup tanpa banyak penyiraman, karena mereka menahan air di batangnya. Namun, itu tidak berarti mereka tidak perlu disiram sama sekali.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Unik, Philodendron Pink Hingga Kaktus Susu

Pastikan untuk memeriksa tanah setiap beberapa minggu. Jika pada minggu ke dua atau ketiga tanahnya sudah mengering, siram kaktus tersebut.

Tetapi pastikan kaktus benar-benar kering di antara penyiraman. Di tanah yang dikeringkan dengan baik, kaktus membutuhkan air hanya setiap 10 hingga 14 hari selama bulan-bulan musim panas.

Jika Anda memperhatikan kerutan pada kaktus, terutama di bagian pangkal tanaman, siram kaktus Anda.

Setelah penyiraman, selalu pastikan untuk mengosongkan kelebihan air dari wadahnya, karena kaktus tidak menyukai keadaan lembap dan menyebabkan pembusukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.