Kompas.com - 11/06/2021, 17:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah dipakai untuk memasak dan menghangatkan nasi setiap hari, rice cooker dapat berpotensi mengalami masalah atau kerusakan.

Salah satu masalah umum yang dialami adalah munculnya bau dan membuat nasi di dalamnya menjadi cepat basi. 

Baca juga: 5 Langkah Membersihkan Rice Cooker Secara Menyeluruh

Rice cooker yang bau dan membuat nasi di dalamnya menjadi cepat basi tentu menjadi hal yang tak diinginkan.

Jika rice cooker di rumah mengalami hal ini, berikut cara mengatasi rice cooker bau dan membuat nasi cepat basi dikutip dari kanal YouTube ISB_CHANNEL, Jumat (11/6/2021).

Perhatikan arus listrik ke rice cooker

Pastikan steker rice cooker tercolok ke stopkontak utama dengan sempurna demi mencegah bau dan membuat nasi basi. Jangan colokan steker rice cooker ke stopkontak bercabang. 

Baca juga: Sering Terlupakan, Begini Cara Membersihkan Rice Cooker

Semakin banyak percabangan, semakin membuat arus listrik yang mengalir ke rice cooker menjadi tidak stabil. Akibatnya, rice cooker tidak bekerja dengan optimal. Jadi, colokan steker rice cooker langsung ke stopkontak utama. 

Buang sisa uap air di penampungan

Tampungan sisa uap air di rice cooker lama-kelamaan akan kotor dan mengendap sehingga bisa mengakibatkan bau meresap masuk ke rice cooker. Untuk itu, buang dan bersihkan tampungan uap air ini. 

Baca juga: Bukan Direndam, Ini Cara Membersihkan Sisa Nasi di Panci Rice Cooker

Bersihkan rice cooker

Rice cooker bau terkadang disebabkan uap air yang meresap sampai ke bagian dalam tutup rice cooker. Karena itu, segera bersihkan bagian ini. Lap bagian dalam tutup rice cooker dengan kain lap bersih.

Apabila pinggiran tutup bagian dalam rice cooker terdapat karet, jangan lupa membersihkannya dengan sempurna agar uap yang kotor terserap di kain. 

Baca juga: Bisakah Membiarkan Rice Cooker Terus Menyala Tanpa Pengawasan?

Bersihkan juga bagian dalam rice cooker dengan teliti sampai bersih dari kotoran. Bersihkan juga teflon sebelum dipakai memasak nasi.

Cabut steker rice cooker setiap malam

Tips berikutnya adalah rutin mencabut steker rice cooker pada malam hari. Cabut steker rice cooker sekitar pukul 21.00-05.00. 

Baca juga: Cara Aman Penggunaan Rice Cooker yang Harus Diterapkan

Gunakan daun pandan saat memasak nasi

Sebagai alternatif dalam menetralisir bau, gunakan daun pandan setiap kali memasak nasi di rice cooker. Cukup masukkan beberapa ikat daun pandan ke beras yang akan dimasak di rice cooker.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.