Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mendekorasi Rumah Bergaya Skandinavia

Kompas.com - 25/02/2022, 23:19 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain atau gaya Skandinavia seperti tak lekang oleh waktu. Meski sempat populer beberapa waktu belakangan, gaya Skandivania kini masih banyak dipilih penghuni rumah untuk desain interior hunian mereka.

Gaya yang berasal dari negara-negara di Eropa Utara atau bangsa Nordik ini telah menjadi tren selama lebih dari satu dekade dan telah banyak diterapkan di berbagai rumah di seluruh dunia. 

Baca juga: 5 Ide Menghadirkan Gaya Skandinavia di Apartemen

Gaya Skandinavia dikenal fokus pada desain, fungsionalitas, serta penggunaan furnitur yang minim. Meski serba minim, gaya Skandinavia menghadirkan suasana yang nyaman, menyenangkan, serta elegan ke ruangan.

Bila Anda tertarik menghadirkan gaya ini ke rumah, berikut cara mendekorasi rumah bergaya Skandinavia dikutip dari New Homes Guide, Jumat (25/2/2022). 

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Cocok untuk Ruangan Bergaya Skandinavia

Pencahayaan

Ilustrasi ruang keluarga bergaya SkandinaviaSHUTTERSTOCK/Followtheflow Ilustrasi ruang keluarga bergaya Skandinavia

Skandinavia tidak seberuntung kita dalam hal sinar matahari alami, jadi mereka telah menyesuaikan desain interiornya untuk memantulkan cahaya sebanyak mungkin.

Dari lampu LED yang dapat diredupkan hingga lampu meja, pencahayaan berlapis sangat penting. Saat menciptakan gaya Skandivaia di rumah, cobalah memanfaatkan sebanyak mungkin bentuk pencahayaan yang berbeda.

Sebab, masing-masing pencahayan memberikan kontribusi untuk suasana akrab yang membuat rumah Scandinavia begitu disukai secara universal.

Ini mungkin termasuk lampu dinding untuk penerangan suasana hati atau lampu lantai dan meja untuk meningkatkan suasana. Apa pun itu, menciptakan skema pencahayaan berlapis adalah caranya. 

Baca juga: 5 Ide Inspirasi Kamar Tidur Bergaya Skandinavia

Palet warna

Selain putih, palet warna Skandinavia juga menampilkan abu-abu lembut, biru telur asin yang lembut, dan hijau untuk mengimbangi nuansa klinis yang dapat dimiliki lingkungan serba putih.

Namun, saat menggunakan abu-abu, jangan lupa meneliti warna dasarnya guna memastikan warnanya cocok dengan pilihan warna lain.

Pilih warna yang sangat netral dengan sedikit variasi warna. Misalnya, dinding abu-abu terang dapat dilengkapi dengan lis putih atau warna aksen yang lebih berani. 

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Dapur Bergaya Skandinavia

Lapisan warna netral

Ilustrasi kamar tidur bergaya Scandinavia modernShutterstock/Svet_Feo Ilustrasi kamar tidur bergaya Scandinavia modern
Sama dengan pencahayaan, gaya Skandinavia adalah tentang lapisan. Artinya, lapisan ini perlu dibuat kontras dengan skema warna netralnya.

Pilih batu alam atau kayu adalah untuk lantai serta karpet yang terbuat dari serat alami seperti rami, sisal, dan wol.

Untuk bulan-bulan yang lebih dingin, pikirkan lemparan wol dan bantal empuk - cara terbaik untuk menggabungkan kenyamanan dan gaya. 

Baca juga: 7 Ide Desain Ruang Tamu Minimalis Bergaya Skandinavia 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com