Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Ide Desain Ruang Tamu Minimalis Bergaya Skandinavia

Kompas.com - 04/09/2021, 09:19 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain ruang tamu minimalis bergaya Skandinavia banyak digemari karena beberapa alasan yang bagus.

Ruang tamu Skandinavia menampilkan kesederhanaan, tidak berantakan, serta mengombinasikan bentuk dan fungsi, sehingga menciptakan interior estetis nan praktis.

Ruang tamu Skandinavia mudah ditata karena palet warna netral dan monotonnya sangat mudah untuk diwujudkan. Cara terbaik untuk menata ruang tamu Skandinavia adalah dengan menambahkan tekstur dan layering untuk menciptakan kesan mewah.

Baca juga: Tips Memilih Sofa yang Tepat untuk Ruang Tamu Kecil

Anda dapat melakukannya dengan menambahkan bahan-bahan alami, seperti karpet sisal, keranjang anyaman, serta furnitur kayu, lalu menambahkan linen halus, semuanya dalam warna yang tidak mencolok.

Dilansir dari Homes and Gardens, Sabtu (4/9/2021), berikut beberapa ide desain ruang tamu minimalis Skandinavia yang dapat menjadi inspirasi di rumah Anda.

1. Tata letak terbuka

Ruang tamu Skandinavia umumnya rapi, tidak berantakan. Gunakan garis yang bersih, furnitur minimalis, dan fokus menghadirkan nuansa alam di dalam ruangan.

Sebagian besar rumah Skandinavia berkonsep terbuka, menggabungkan dapur, ruang tamu, dan ruang makan untuk menciptakan jantung rumah tangga sekaligus memberi kesan ruang yang lapang.

Baca juga: 9 Ide Dekorasi Ruang Tamu untuk Rumah Pria Lajang

Tata letak ruang tamu terbuka juga mendorong Anda untuk mengurangi kekacauan dan hanya menampilkan benda khusus yang dikurasi. Pilih furnitur yang pas untuk menyederhanakan interior dan memaksimalkan penyimpanan ruang tamu.

2. Furnitur fungsional

Tujuan utama desain ruang tamu Skandinavia adalah untuk mendukung kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, furnitur tidak hanya tentang keanggunan gaya, tetapi juga tentang fungsionalitas.

Dalam artian, furnitur harus memiliki tujuan dan bertahan dalam ujian waktu. Pilih beberapa perabot utama di setiap ruangan yang terlihat bagus tetapi juga fungsional.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com