Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Perbedaan Desain Rumah Skandinavia dan Minimalis Menurut Ahli

Kompas.com - 03/04/2021, 10:44 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Pink Villa

JAKARTA, KOMPAS.com - Dunia interior rumah sekarang ini telah berkembang dengan orang-orang yang ingin mendefinisikan kepribadian mereka melalui rumahnya.

Dan desain Skandinavia maupun minimalis merupakan dua gaya dekorasi rumah yang populer diterapkan orang banyak saat ini. Namun, ada banyak kebingungan untuk membedakan keduanya, karena terdapat kesamaan tertentu.

Tetapi, baik desain skandinavia maupun minimalis, keduanya berbeda satu sama lain, Kaveri Sachdev, Co-Founder dan CEO My Pooja Box menjelaskan alasannya.

Baca juga: 6 Warna Khas Desain Rumah Bergaya Skandinavia, Apa Saja?

Meskipun, kamu mungkin sering bingung dengan ciri khasnya, karena orang Skandinavia sering dianggap minimalis, namun ada beberapa hal yang menjadi pembeda.

Dilansir dari Pink Villa, Sabtu (3/4/2021), Sachdev berbicara tentang perbedaan antara skandinavia dan minimalis, berikut di antaranya.

Desain rumah Skandinavia vs minimalis

Kontras

Dalam gaya Skandinavia, faktor kontras memiliki ketertarikan dan kedalaman. Warna yang digunakan biasanya putih dan abu-abu.

Furnitur dan balok berukuran besar digunakan untuk menjaga kedalaman. Di sisi lain, gaya minimalis menggunakan warna palet natural yang kasar.

Baca juga: Jadikan Apartemen Mungil Lebih Hidup dengan Desain Skandinavia

Potongan multifungsi

Skandinavia menggunakan ruang dengan bijak melalui furnitur multifungsi dan barang-barang seperti penyimpanan di bawah tempat tidur, sedangkan gaya minimalis biasanya menyimpan barang dalam bentuk mentah.

Material bahan

Orang Skandinavia menunjukkan hubungan yang kuat dengan alam, dan menghargai sumber daya yang tersedia.

Elemen utama termasuk cahaya alami, tanaman penggabung, sketsa alam, kayu pahatan, dan sebagainya. Gaya minimalisnya mengusung material baja, tembaga dan metal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com