Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaleidoskop 2020: Desain Rumah Skandinavia hingga Garden House

Kompas.com - 10/12/2020, 19:28 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain rumah yang ada saat ini telah mengalami perkembangan yang pesat dan begitu beragam. Masing-masing desain rumah yang tersaji bisa membuat tampak rumah menjadi menarik dan indah untuk ditempati seseorang.

Menuju akhir 2020, terdapat beberapa desain rumah yang paling populer diterapkan oleh banyak pemilik rumah sepanjang tahun ini.

Berikut ini beberapa inspirasi desain rumah yang paling populer di 2020, dikutip dari berbagai sumber, Kamis, (10/12/2020).

Baca juga: 5 Solusi Desain untuk Ruang Makan Sempit

Compact House

Desain satu ini mulai sangat populer untuk diterapkan oleh masyarakat perkotaan. Karakteristik desain compact house seolah cocok untuk lingkungan perkotaan dengan lahan terbatas dan sesak.

Ciri yang khas pada desain compact house adalah modern dan simple yang mengutamakan banyak cahaya masuk untuk membuat kesan luas.

Agar bisa memanfaatkan lahan yang tidak begitu luas, umumnya compact house didesain dengan model bangunan yang meninggi.

Selain itu desain compact house menerapkan furnitur yang terbatas dan multifungsi agar setiap ruang dapat berfungsi dengan maksimal.

Baca juga: 5 Ide Desain Kamar Mandi Modern yang Bisa Jadi Inspirasi

Skandinavian

Masalah lahan terbatas memang menjadi permasalahan orang kota, sehingga tampilan desain rumah yang membuat ilusi luas dibutuhkan, salah satunya Skandinavian.

Desain rumah ini terinspirasi oleh rumah masyarakat Skandinavia atau Eropa Utara yang mengedepankan desain minimalis dan natural, tapi terlihat estetik.

Penggunaan batu bata merah dan kayu kayu datar menjadi ciri khas utamanya, karena selain elegan, penggunaan material tersebut membuatnya terlihat alami dan membumi.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com