Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Inspirasi Kamar Tidur Bergaya Skandinavia

Kompas.com - 12/11/2021, 18:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain interior Skandinavia telah menjadi tren selama lebih dari satu dekade. Gaya desain Skandinavia dikenal fokus pada desain, fungsionalitas, serta penggunaan furnitur yang minim.  

Dengan memegang prinsip seminim mungkin, membuat desain Skandinavia tidak menelan banyak anggaran serta mudah menciptakannya di rumah.

Tak heran, gaya Skandinavia telah diterapkan banyak orang di seluruh dunia ke rumah mereka, salah satunya kamar tidur

Melansir dari My Decorative, Jumat (12/11/2021), berikut lima ide inspirasi kamar tidur bergaya Skandinavia. 

Baca juga: 4 Warna Cat Dinding Terbaik dan Terburuk untuk Kamar Tidur

Cat dinding putih 

Salah satu cara paling sederhana dan efektif untuk menghadirkan gaya Skandinavia ke kamar tidur adalah mengecat dinding kamar dengan warna putih.

Warna-warna netral sangat penting untuk desain interior Skandinavia. Dinding putih dapat memaksimalkan cahaya, menciptakan perasaan ruang, dan sangat serbaguna. 

Selain dinding putih, Anda juga bisa menggunakan seprai putih. Seprai putih sangat membantu menciptakan nuansa Skandinavia. Begitu pun pilih furnitur berwarna putih untuk semakin memperoleh tampilan gaya Skandinavia. 

Baca juga: 7 Ide Desain Ruang Tamu Minimalis Bergaya Skandinavia 

Ekspos lantai kamar tidur

Desain interior Skandinavia dikenal sangat minimal untuk furnitur dan elemen dekorasi lainnya. Misalnya saja, untuk lantai, karpet tidak digunakan dalam gaya Skandinavia.

Lantai kayu ringan adalah pilihan terbaik di sini. Jika lantai kayu terlihat buruk, Anda dapat mempertimbangkan laminasi berkualitas tinggi atau lantai berbasis kayu. Alternatif lain termasuk beton ekspos, bahkan lino.

Bila ingin menambahkan sedikit kelembutan di kamar tidur, hal itu diperbolehkan untuk menggunakan karpet. Karpet bisa menambah tekstur dan akan melengkapi ruangan dengan baik, tapi pilih warna-warna netral seperti putih dan abu-abu.  

Baca juga: 6 Warna Khas yang Digunakan Dalam Desain Interior Skandinavia 

Berinvestasi pada beberapa furnitur berkualitas

Pemilihan furnitur dan pencahayaan juga berperan penting untuk menciptakan kesan romantis di kamar tidur.Unsplash/Sidekix Media Pemilihan furnitur dan pencahayaan juga berperan penting untuk menciptakan kesan romantis di kamar tidur.
Salah satu hal hebat tentang gaya Skandinavia adalah tidak terlalu mahal diterapkan. Namun, satu hal yang diyakini orang Skandinavia adalah pentingnya kualitas.

Untuk meningkatkan kamar tidur atau ruangan, sebaiknya berinvestasi dalam satu atau dua potong furnitur kayu berkualitas tinggi, baik itu meja, bufet, maupun lemari, dengan garis-garis yang rapi, sudut membulat, serta fungsionalitas yang maksimal sehingga membuat kamar tidur lebih berkelas. 

Baca juga: Ini Perbedaan Desain Rumah Skandinavia dan Minimalis Menurut Ahli

Tambahkan beberapa tekstur

Dengan semua garis bersih dan putih, penting untuk melembutkan ruangan dengan sedikit tekstur serta kelembutan.

Keindahan gaya Skandinavia adalah bahwa suatu tempat dapat menjadi minimal dan jarang, nyaman, juga mengundang pada saat yang sama.

Tambahkan bantal atau selimut ke tempat tidur, sofa, atau kursi, dan dapatkan karpet dari bahan alami seperti wol, katun, atau goni. Tentu saja, ingatlah untuk tetap menggunakan warna netral sebanyak mungkin. 

Baca juga: Jadikan Apartemen Mungil Lebih Hidup dengan Desain Skandinavia 

Singkirkan semua kekacauan

Jika menginginkan suasana Skandinavia, penting menghilangkan kekacauan dan itu tidak bisa ditawar. Jika ingin menciptakan suasana minimalis yang bersih, Anda harus mengurangi barang di kamar tidur. 

Penyimpanan seperti kabinet atau lemari pakaian yang fungsional akan membantu membersihkannya.

Namun, pada akhirnya, Anda mungkin perlu memperhatikan barang-barang dengan baik dan memikirkan apa dibutuhkan. Ini akan sangat berharga baik secara estetika serta ketenangan pikiran Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com