Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Warna Cat Dinding Terbaik dan Terburuk untuk Kamar Tidur

Kompas.com - 12/11/2021, 08:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda mengalami kurang tidur? Penelitian menunjukkan kurang tidur dapat meningkatkan berbagai risiko kesehatan.

Tidak hanya itu, dikutip dari Eating Well, Jumat (12/11/2021), beberapa penelitian mengindikasikan bahwa rata-rata tidur lima jam atau kurang per malam dapat meningkatkan risiko kematian sebesar 15 persen dibandingkan dengan orang yang cukup istirahat.

"Menciptakan lingkungan kamar tidur yang menyejukkan dan menenangkan adalah bagian penting dari kebersihan tidur," jelas Logan Foley, pelatih ilmu tidur bersertifikat dan editor pelaksana untuk Sleep Foundation di Seattle, AS.

Baca juga: Tak Selalu Putih, Ini 7 Warna Cat untuk Ruang Kecil agar Tampak Luas

"Kamar tidur Anda harus menyebabkan kantuk dan juga harus berperan dalam membuat Anda tertidur. Ini dapat mencakup tata letak, desain, suara, dan bahkan aroma," imbuh Foley.

Adapun Sanam Hafeez, seorang neuropsikolog dan anggota fakultas di Universitas Columbia di New York City, AS menyatakan, kebersihan dan kerapian kamar tidur juga harus menjadi perhatian.

"Ketika kamar tidur sangat berantakan, hal itu dapat menyebabkan stimulasi berlebihan dan membuat sulit untuk tertidur. Terlalu banyak peralatan elektronik, aksesori atau warna-warna cerah sebenarnya dapat mengganggu siklus tidur," ungkap Hafeez.

Karena warna adalah salah satu hal yang memengaruhi kualitas tidur, berikut beberapa warna cat dinding terbaik dan terburuk untuk kamar tidur.

Baca juga: Jangan Gunakan Warna Ini di Dapur Kecil, Kata Psikolog

4 warna cat dinding terbaik untuk kamar tidur

Jika Anda sulit tidur, tutur Hafeez, tidak ada salahnya untuk memperhatikan lingkungan sekitar Anda, yakni kamar tidur.

"Saat memilih warna untuk kamar Anda, pilihlah warna yang membuat Anda merasa tenang dan nyaman. Hiasi kamar dengan aksesori sederhana dan cobalah untuk menjauhkan barang elektronik yang terang. Kamar seharusnya membuat Anda merasa aman dan nyaman," terang dia.

Adapun Carleara Weiss, penasihat ilmu tidur di Aeroflow Healthcare mengungkapkan, sebagian besar penelitian tentang warna kamar tidur untuk tidur didasarkan pada survei yang memeriksa preferensi individu dan menghubungkan tanggapan mereka dengan jumlah jam mereka tidur per malam.

"Namun, menurut terapi warna, warna tertentu lebih cenderung mendorong relaksasi," ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com