Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Aksesori yang Bisa Diletakkan di Kamar Tidur Bayi

Kompas.com - 06/11/2021, 12:05 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber decor tips

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi kamar tidur bayi menjadi hal yang menyenangkan. Selain bisa memadukan berbagai warna dan tekstur agar lebih serasi dan menarik, Anda perlu mengetahui aksesori apa saja yang harus di kamar bayi.  

Terkadang mendekorasi dan menemukan furnitur untuk kamar tidur bayi bisa sedikit rumitt, terlebihjika Anda ingin mencari aksesori dan furnitur yang tidak perlu mengubahnya dalam waktu dua atau tiga tahun. 

Dalam hal aksesori, Anda dapat mencoba menemukan beberapa item yang bisa bertahan selama beberapa tahun meski usia anak terus bertambah.

Berikut beberapa aksesori yang dapat diletakkan di kamar tidur bayi seperti dilansir dari Decor Tips, Sabtu (6/11/2021).

Baca juga: 4 Ide Dekorasi Kamar Anak untuk Mendorong Kreativitas

Penyimpanan peti atau koper

Koper atau peti benar-benar sangat berguna. Anda dapat menggunakannya untuk menambah ruang penyimpanan yang tersedia. Di sisi lain, item ini bisa sangat membantu menjaga ruangan tetap teratur.

Anda dapat menggunakannya untuk menyimpan mainan, buku, selimut, piyama, dan sebagainya. Selain itu, jika meletakkan penyimpanan ini di kaki tempat tidur atau tempat tidur bayi, Anda juga dapat menggunakannya sebagai tempat duduk yang nyaman. 

Baca juga: Berapa Suhu Terbaik untuk Kamar Tidur Bayi? Ini Penjelasannya

Lampu

Ilustrasi kamar tidur bayiUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi kamar tidur bayi
Meski penting memiliki pencahayaan yang baik di setiap kamar tidur. Namun, untuk kamar tidur bayi, Anda harus memperhitungkan desain lampu atau fitting lampu yang digunakan. Itu harus memiliki desain yang cocok untuk kamar bayi.

Ada banyak jenis yang tersedia. Hal yang harus diperhitungkan adalah berapa usia anak sekarang dan ke arah mana bola lampu menghadap.

Misalnya, jika anak berusia kurang dari dua tahun, ia akan menghabiskan banyak waktu di kasur. Karena itu, cahayanya tidak boleh terlalu kuat karena akan menyinari langsung ke wajah mereka. 

Baca juga: 6 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Mengubah Dekorasi Kamar Anak

Selain itu, Anda dapat membeli lampu yang dihias dengan karakter atau gambar favorit anak. Pilihan lain adalah menemukan salah satu lampu yang memiliki figur gantung seperti bulan, bintang, atau awan.

Sejalan dengan hal itu, Anda juga harus memikirkan lampu malam untuk anak-anak. Temukan lampu malam dengan bentuk bola yang berputar serta memantulkan siluet berbagai bentuk ke dinding. Beberapa datang dengan musik lembut, yang akan membantu bayi atau anak untuk tidur. 

Baca juga: 6 Tips Menjaga Kamar Anak Tetap Bersih dan Rapi 

Alat ukur ketinggian

Meski ini tidak benar-benar diperlukan, Anda pasti akan sering menggunakannya. Ini adalah cara yang baik untuk melacak seberapa banyak anak Anda tumbuh, bulan demi bulan, tahun demi tahun.

Item ini dapat dibuat dari kayu atau kain dan digantung pada dinding. Tipe ini biasanya memiliki bagian kecil yang dapat dipindahkan dan digunakan untuk mengukur tinggi badan anak kapan pun. 

Kemungkinan lain adalah membeli grafik ketinggian vinil, misalnya, meniru tinggi pohon. Anda dapat menambahkan lebih banyak vinil dengan bentuk binatang agar terlihat seperti sedang memanjat pohon.

Pilihan lain, bentuk jerapah. Bagian leher jerapah adalah tempat tanda pengukuran muncul. 

Baca juga: 5 Langkah Memberikan Keamanan di Dalam Kamar Anak 

Rak mantel

Terakhir, item yang bisa diletakkan di kamar tidur bayi adalah rak mantel. Jika kamar tidur sangat kecil, Anda bisa memilih rak mantel yang hanya memiliki dua atau tiga pengait di papan kayu kecil.

Ini dikenal sebagai rak dinding. Untuk membuatnya menjadi lebih menarik, Anda dapat memilih pengait dengan warna atau tekstur berbeda.

Jika, di sisi lai  Anda memiliki lebih banyak ruang, jenis rak mantel terbaik adalah rak yang berdiri sendiri. Anda dapat menggantung lebih banyak item pada furnitur ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber decor tips
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com