Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Sederhana Menjaga Tanaman Dalam Ruangan Tetap Sehat

Kompas.com - 18/03/2022, 12:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran tanaman hias dalam ruangan lebih dari sekadar mempercantik rumah. Tanaman dalam ruangan dapat memberi kesegaran, memurnikan udara, serta menciptakan rasa tenang. 

Meski memberikan banyak manfaat, penting menjaga tanaman dalam ruangan tetap sehat dan tumbuh subur. Apalagi, merawat tanaman dalam ruangan cukup sulit dibanding tanaman luar ruangan.  

Baca juga: 5 Tanaman Dalam Ruangan Ini Bisa Memurnikan Udara dan Hilangkan Racun

Anda harus menjaga suhu ruangan, memastikan tanaman memperoleh sinar matahari, serta menyiram tanaman secara rutin dan secukupnya. 

Dikutip dari Architectural Digest, Jumat (18/3/2022), berikut cara sederhana menjaga tanaman dalam ruangan tetap sehat.  

Baca juga: Penyakit Kerdil pada Tanaman Cabai dan Cara Mencegahnya

Pilih pot tanaman yang tepat

Ilustrasi tanaman hias di dalam pot.SHUTTERSTOCK/DARIA MINAEVA Ilustrasi tanaman hias di dalam pot.
Selalu ingat bahwa merawat tanaman dalam ruangan dimulai dengan menanamnya secara benar. Jika tanaman cepat tumbuh seperti pothos atau tanaman karet, disarankan memilih pot yang lebih besar saat menanamnya.

Selain itu, perhatikan bentuk tanaman. Misalnya, sukulen seperti Echeveria yang tumbuh secara vertikal dan horizontal membutuhkan pot lebih lebar, sementara yang menggantung  membutuhkan lebih banyak wadah vertikal.

Pastikan pot memiliki drainase yang baik untuk memungkinkan kelebihan air mengalir keluar. Jika lubangnya besar, Anda dapat menggunakan potongan tanah liat yang dipanggang atau kerikil kecil, bahkan kertas tisu untuk menutupi lubang, kemudian mengisi sisa tanah. 

Baca juga: Jangan Dibuang, Nasi Sisa Bisa Dijadikan Pupuk Tanaman 

Berikan tanaman dalam ruangan lingkungan yang tepat

Sinar matahari adalah salah satu faktor terpenting yang menentukan kesehatan tanaman. Tanaman dalam ruangan perlu disimpan di tempat teduh, sukulen membutuhkan banyak sinar matahari, dan beberapa tanaman perlu disimpan di lingkungan semi teduh.

Jadi, disarankan memindahkan tanaman dalam ruangan atau terkadang meletakkannya di luar ruangan untuk mendapat sinar matahari yang cukup. 

Hati-hati dengan daun tanaman yang berubah pucat dan kuning, Tanaman dengan kondisi ini perlu dipindahkan ke sinar matahari segera untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Selain sinar matahari, tanaman merambat membutuhkan dukungan seperti batang lumut untuk tumbuh dengan baik. Bisa pula menggunakan batang bambu tipis, benang, dan bentuk penyangga lainnya agar tanaman merambat tumbuh sehat. 

Baca juga: 15 Tanaman Dalam Ruangan yang Bisa Tumbuh Tanpa Sinar Matahari

Air dan nutrisi

Ilustrasi merawat tanaman hias; ilustrasi menyiram tanamanShutterstock/Dragana Gordic Ilustrasi merawat tanaman hias; ilustrasi menyiram tanaman
Kebutuhan air dan nutrisi yang tetap juga diperlukan untuk menjaga tanaman dalam ruangan tetap sehat. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah setiap jenis tanaman memiliki kebutuhan air berbeda.

Sukulen, misalnya, merupakan tanaman yang sangat kokoh dan bisa disiram tiga sampai empat hari sekali. Namun, tanaman herbal membutuhkan sedikit air setiap hari. Di sisi lain, terrariums membutuhkan beberapa sendok air sekali dalam dua minggu.

Frekuensi penyiraman tanaman tergantung pada cuaca. Jadi, periksa kelembapan tanah untuk mencegah tanaman tidak mendapat penyiraman berlebih. 

Selain itu, tanaman harus memiliki nutrisi yang tepat melalui tanah. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan campuran pot siap pakai dengan cocopeat atau menambahkan berbagai jenis makanan nabati yang tersedia di toko-toko tanaman. 

Baca juga: 10 Tanaman Dalam Ruangan yang Dapat Mengurangi Masalah Pernapasan 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com