Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanam Bunga Ini untuk Menarik Kupu-kupu ke Halaman Rumah

Kompas.com - 07/02/2022, 21:42 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki halaman yang dipenuhi dengan kupu-kupu dapat menambah daya tarik rumah tersendiri.

Selain sedap dipandang, hadirnya kupu-kupu di dalam rumah juga dapat menjadi hiburan tersendiri, seperti melihat mereka beterbangan ketika sedang bosan dari jendela rumah.

Baca juga: 7 Bunga Pembawa Keberuntungan yang Bisa Ditanam di Halaman Rumah

Seperti disadur How Stuff Works, Senin (7/2/2022), ada tanaman yang bisa mengundang kupu-kupu untuk main ke halaman rumah, yakni bunga Buddleja davidii atau bunga kupu-kupu.

Patricia Collins, Director of Gardens untuk Callaway Gardens yang sudah pensiun, mengatakan bahwa tanaman ini dapat menarik perhatian kupu-kupu, dan hewan penyerbuk lainnya.

Ilustrasi bunga, ilustrasi kupu-kupu - Bunga Buddleja.SHUTTERSTOCK / Steidi Ilustrasi bunga, ilustrasi kupu-kupu - Bunga Buddleja.

Raleigh Wasser, Horticulture Manager untuk Atlanta Botanical Garden, menjelaskan bahwa alasan bunga Buddleja menarik kupu-kupu adalah karena mereka tinggi akan nektar.

Wasser mengatakan, Buddleja bukanlah tanaman inang bagi kupu-kupu. Mereka tidak mendukung reproduksi dan siklus hidup kupu-kupu.

Baca juga: Cara Merangkai dan Merawat Bunga Sebagai Dekorasi Rumah

“Ulat tidak memakan bunga kupu-kupu. Justru, mereka hanya menyediakan nektar untuk kupu-kupu dewasa,” imbuh Wasser.

Mudah dirawat

Collins mengungkapkan bahwa bunga ini toleran akan kekeringan. Namun, mereka merespons pada teknik penyiraman yang baik.

Supaya tanaman lebih mekar, hilangkan bung tua yang telah selesai mekar dan mulai berbiji. Mereka mekar hampir sepanjang musim panas.

Menurut Collins, bunga ini sebaiknya ditanam di tanah berkebun yang baik. Kamu dapat memodifikasi tanah liat dengan kompos yang baik untuk memastikan drainase yang baik.

Alternatifnya, kamu dapat menggunakan media tanam tanah berpasir dengan kompos untuk mendapatkan nutrisi yang baik.

Baca juga: 12 Pilihan Bunga yang Bisa Ditanam Berdasarkan Bulan Kelahiran

Ilustrasi bunga, ilustrasi kupu-kupu - Bunga Buddleja.SHUTTERSTOCK / Tommy Larey Ilustrasi bunga, ilustrasi kupu-kupu - Bunga Buddleja.

“Mereka tampaknya tahan terhadap lingkungan yang menantang, seperti perkotaan. Mereka juga dapat berkembang meski ada polusi, kekeringan, dan serangga,” ujar Wasser.

Collins mengatakan, bunga Buddleja lebih mekar saat berada di bawah sinar matahari penuh, atau di area yang memiliki lebih banyak sinar matahari.

“Mereka tidak tumbuh dengan baik di area teduh dan membutuhkan tanah berdrainase baik. Jangan tanam bunga ini di daerah yang teduh dan tanah berlumpur,” kata Wasser.

Baca juga: Penyebab Bunga Hortensia Gagal Mekar dan Tips Merawatnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com