Kompas.com - 30/07/2021, 15:56 WIB
Salah satu pembeli sedang memilih sayur diroponik di gerai hidroponik barokah Kenali Atas, Kota Jambi. KOMPAS.COM/JAKA HBSalah satu pembeli sedang memilih sayur diroponik di gerai hidroponik barokah Kenali Atas, Kota Jambi.

JAKARTA, KOMPAS.com- Tinggal di perkotaan membuat sebagian orang harus pandai-pandai memaksimalkan keterbatasan lahan di rumah untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal.

Tak jarang, lahan yang dimiliki sangat terbatas dan tidak bisa digunakan untuk berkebun. Namun, kini kamu tak perlu kebingungan karena bisa mencoba menanam tanaman menggunakan media hidroponik dari botol bekas.

Baca juga: Kenapa Daun Tanaman Hidroponik Keriting? Ini Penyebab dan Solusinya

Hidroponik adalah metode budidaya tanaman dengan memanfaatkan air dan tidak menggunakan media tanah.

Selain hemat lahan, memanfaatkan botol bekas sebagai media tanam hidroponik dapat berkontribusi mengurangi sampah plastik.

Melansir dari kanal YouTube HIDROPONIKPEDIA, Jumat (30/7/2021), berikut ini cara menanam tanaman dengan media hidroponik dari botol bekas.

Baca juga: Cara Menanam Tanaman Selasih dari Biji dengan Media Hidroponik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alat dan bahan

  • Botol bekas ukuran 1,5 liter
  • Kain flanel
  • Plastik hitam
  • Carter atau silet
  • Perekat atau selotip

Baca juga: Penting untuk Pemula, Kenali 5 Pilihan Media Tanam Hidroponik

Potong botol

Pertama potong bagian atas botol kira-kira 10 sentimeter dari ujung botol. Apabila dirasa masih terlalu besar atau tinggi, kamu bisa memotongnya lebih dari 10 sentimeter atau sesuaikan dengan kebutuhan.

Buat lubang di ujung botol

Kedua, buatlah lubang di sisi kanan dan kiri pada bagian ujung botol yang sudah dipotong sepanjang dua sentimeter sebagai tempat memasukkan flanel

Baca juga: Simak, Manfaat dan Tips Menanam Tanaman Secara Hidroponik

Masukkan flanel

Ketiga, masukkan kain flanel melalui lubang yang telah dibuat dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Nah, nantinya letakkan ujung botol dalam keadaan terbalik sebelum diisi air. Fungsi kain flanel ini ialah sebagai perantara menaikkan air ke akar tanaman.

Tuangkan air

Keempat, tuangkan air nutrisi hidroponik ke botol bagian bawah atau kira-kira duapertiga dari tinggi botol.

Baca juga: Panduan Berkebun Hidroponik di Rumah untuk Pemula

Letakkan tanaman

Kelima, masukkan tanaman kangkung, pakcoy, atau lainnya yang sudah siap pindah tanam hingga bagian bawahnya menyentuh kain flanel.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.