Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Menjaga Kamar Mandi Tetap Bersih dan Rapi Lebih Lama

Kompas.com - 02/01/2021, 18:20 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendapatkan kamar mandi yang bersih dan bebas bau, itu penting untuk membuat siapapun merasa nyaman ketika berada di dalamnya.

Rutin membersihkan dan merapikan kamar mandi adalah jalan untuk mendapatkan kamar mandi yang bersih dan bebas bau, kamu pasti setuju akan hal ini.

Tapi, jika terus menerus dibersihkan, tentunya hal itu bisa sangat melelahkan dan menghabiskan banyak waktu. Lalu, kenapa tidak mencoba menjaga kamar mandi tetap bersih dan rapi lebih lama?

Baca juga: 6 Ide Mudah dan Murah Mempercantik Kamar Mandi Tanpa Renovasi

Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu, (02/01/2021), terdapat beberapa langkah untuk mewujudkan kamar mandi tetap bersih dan rapi sekaligus bebas bau.

1. Hentikan kelembaban di kamar mandi

Tidak ada yang bisa menunda noda jamur apabila ada kelembaban di kamar mandi. Gantung alat pembersih yang terbuat dari karet dan buat aturan bahwa yang terakhir mandi menyeka perlu dinding, bak mandi, dan pintu kamar mandi.

Bersihkan dinding, bak mandi, pintu kamar mandi dengan alat pembersih yang terbuat dari karet setiap kali kamu selesai mandi. Jadikan hal ini sebagai kebiasaan sehari-hari, agar membantumu mencegah penumpukan jamur dan bakteri di dalam bak mandi.

Kamu juga dapat menggunakan pembersih kaca di dinding dan pintu kaca shower. Ini akan membantu menghentikan penumpukan noda air.

Baca juga: 6 Pilihan Warna untuk Kamar Mandi Kecil

Beberapa menit pekerjaan tambahan benar-benar dapat meminimalkan waktu pembersihan dalam jangka panjang. Kamu juga dapat menghilangkan kelembapan dengan cepat dengan membuka jendela dan menyalakan kipas angin saat mandi.

Membiarkan pintu terbuka, bahkan sedikit pun, juga membantu menghilang kelembapan. Dan jangan lupa untuk meregangkan tirai kamar mandi saat sudah kering juga.

2. Jaga agar lantai tetap kering

Lantai kamar mandi perlu kamu jaga agar tetap kering, karena sisa air di lantai kamar mandi masuk ke dalam nat dan menodai ubin seiring waktu, terutama jika kamu masih meneteskan sedikit sabun.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com