Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecoa Kerap Muncul di Kamar Mandi? Ini Beberapa Penyebabnya

Kompas.com - 26/12/2020, 11:19 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat sedang berada di kamar mandi, mungkin kamu pernah melihat kehadiran tamu yang tak diinginkan seperti kecoa yang tiba-tiba muncul di sana.

Kecoa sendiri kerap muncul dari kamar mandi, sehingga tak jarang kamu bisa melihat mereka tiba-tiba keluar dari kamar mandi saat kamu tengah bersantai di ruangan yang ada di dekat kamar mandi.

Lantas mengapa bisa kecoa muncul di kamar mandi? Adakah sesuatu yang memengaruhi kecoa kerap muncul di kamar mandi?

Baca juga: Cara Ampuh Basmi Kecoa di Rumah

Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (26/12/2020), kamar mandi jadi area yang sering didatangi kecoa, karena banyaknya akses jalan masuk bagi mereka ke area ini.

Untuk bisa mencari makanan dan tempat berteduh, kecoa dapat terus melangkah ke mana saja. Pada umumnya kecoa akan mendapatkan makanan, tempat tinggal, dan air dari saluran-saluran pembuangan.

Oleh sebab itu, jangan heran mengapa mereka sering ditemukan di kamar mandi, karena kamar mandi jadi tempat yang selalu lembap dan terhubung secara langsung dengan saluran pembuangan air.

Terdapat beberapa hal yang jadi faktor penyebab mengapa kecoa sering terlihat di kamar mandi, berikut di antaranya.

Baca juga: Banyak Semut di Rumah? Basmi dengan 5 Cara Mudah Ini

1. Mencium sesuatu yang menarik perhatian mereka ke kamar mandi

Karena di kamar mandi terdapat banyak kebutuhan untuk mandi, sebuah penelitian mencatat bahwa kecoa bahkan bisa memakan pasta gigi dan sabun yang ada di kamar mandi, sehingga mereka bisa muncul di sana.

Selain itu, kecoa juga cenderung jatuh ke dalam bak mandi, shower, dan wastafel dan tidak dapat melarikan diri. Ini berarti bahwa kita mungkin melihat lebih banyak kecoa di kamar mandi.

2. Saluran pembuangan kamar mandi

Saat saluran pembuangan air di kamar mandi langsung mengarah ke got ataupun sungai, itu bisa menjadi jalan masuk kecoa dan gerombolannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com