Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/12/2020, 08:46 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencium kucing peliharaan yang ada di rumah bisa menjadi sebuah bentuk ekspresi dan ungkapan cinta yang ingin ditunjukkan seseorang kepada teman berbulunya.

Namun, tak sedikit pemilik kucing peliharaan bertanya-tanya "apakah kucing mereka menyukai ciuman kita?" atau "apakah kasih sayang semacam ini tidak nyaman untuk kucing?".

Sayangnya, cukup banyak pemilik hewan peliharaan yang tidak mempertimbangkan hal ini. Sebaliknya, mereka justru mencium kucing peliharaannya tanpa mempertimbangkan tingkat kenyamanan dan toleransi mereka.

Baca juga: Hati-hati, 10 Tanaman Ini Beracun untuk Kucing

Penting untuk diingat bahwa setiap kucing adalah individu dengan kepribadian yang unik, jadi tidak mungkin untuk menetapkan kumpulan preferensi yang tepat untuk kucing.

Meskipun demikian, penting untuk dipahami bahwa komunikasi kucing sangat berbeda dari komunikasi manusia.

Cara mereka mengekspresikan emosi, suasana hati, dan persepsi itu berbeda, sehingga metode komunikasi manusia seperti ciuman mungkin tidak sesuai.

Dilansir dari beberapa sumber, Sabtu, (26/12/2020), pada artikel kali ini, kita akan mencari tahu apakah kucing suka dicium atau tidak.

Baca juga: Simak, Tanda-tanda Kucing Hamil yang Perlu Diketahui

Apakah kucing suka dicium atau tidak?

Jika kamu mengamati perilaku sebagian besar kucing rumahan, dapat dikatakan bahwa kucing tidak suka dicium secara umum, sehingga terkadang mereka tidak akan menanggapi dengan baik upaya pemiliknya untuk mencium mereka.

Hal ini akan menimbulkan perasaan menahan diri dan kemungkinan besar kucingmu ingin melepaskan diri dari cengkeramanmu untuk menciumnya, meskipun kamu berniat baik.

Bahkan saat kamu mencoba mencium kucingmu, mungkin mereka akan memberi respon perlawanan dengan menggigit atau mencakarmu untuk menunjukkan ketidaksenangan mereka.

Reaksi serupa juga dapat dilihat saat seorang pemilik kucing mencoba membelai kucingnya di area yang rentan seperti perut atau cakar kukunya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com