Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/12/2020, 11:54 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kumis pada seekor kucing adalah bagian ikonik dari anatomi mereka, entah itu jantan maupun betina, mereka memiliki kumis yang panjang.

Kumis kucing tidak hanya terlihat sangat imut dan menggelitik, tetapi itu berfungsi penting bagi seekor kucing. Kamu mungkin bertanya-tanya 'kenapa kucing memiliki kumis?'.

Untuk menjawab rasa penasaranmu akan hal satu ini, teruslah membaca untuk menemukan segala sesuatu tentang kumis pada kucing, mulai dari cara kerjanya hingga cara membantu kucing menavigasi dalam kegelapan.

Baca juga: 7 Jenis Kucing yang Paling Panjang Umurnya, Apa Saja?

Berikut ini ada banyak alasan mengapa kucing memiliki kumis, dilansir dari Purina, Senin, (21/12/2020).

Mengapa kucing memiliki kumis?

Kumis seekor kucing benar-benar multifungsi, tetapi tujuan terpentingnya adalah sebagai alat sensorik. Folikel rambut dari kumis kucing dipenuhi dengan saraf, dan ujung kumis memiliki organ sensorik yang dikenal sebagai proprioseptor. 

Dengan adanya kumis, ini membuat kucing sangat peka terhadap getaran dan perubahan di lingkungan mereka, jadi kucing menggunakannya sebagai indra tambahan untuk memahami dunia.

Selain itu, kumis juga tertanam jauh lebih dalam di tubuh mereka daripada bulu bulu normal, karena terhubung ke sistem otot dan saraf.

Baca juga: Penyebab Kucing Makan Rumput, Sakit Perut hingga Kurang Vitamin

Hal ini memungkinkan kumis untuk mengirimkan pesan sensorik ke otak tentang lingkungan sekitar kucing, yang membuat mereka menjadi penjelajah yang cerdas.

Selain penjelasan di atas, kamu perlu tahu mengenai 10 fakta mengenai kumis kucing, berikut di antaranya.

1. Kumis kucing tidak hanya di wajah mereka

Mungkin kamu berpikir bahwa kumis kucing berada di sekitar hidung dan mulutnya. Padahal kumis kucing juga di atas mata, telinga, rahang, dan kaki depannya.

Kumis di kaki depan mereka (kumis karpal) adalah salah satu alasan mengapa mereka menjadi pemburu yang sukses karena membantu menentukan pergerakan mangsa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com