Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/12/2020, 17:01 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim hujan telah tiba, saatnya memberikan perhatian ekstra pada hewan peliharaan seperti anjing dan kucing.

Dilansir dari Reader's Digest, Kamis (10/12/2020), Hewan peliharaan paling rentan terhdap penyakit yang ditularkan melalui air pododermatitis (radang kulit kaki) dan infeksi telinga pada musim hujan.

Sebagian besar kondisi ini disebabkan atau diperburuk oleh air yang terkontaminasi dan kelembapan tinggi, sehingga bulunya berbau lembab.

 

Baca juga: Kenali Jenis Vaksin untuk Anjing dan Kucing

Untuk menjaga hewan peliharaan di musim hujan bisa dengan beberapa cara berikut ini:

1. Cakar tetap kering

Selama musim hujan anjing atau kucing peliharaan akan terpapar kelembapan yang membuat mereka rentan terkenan pododermatitis.

Kelembaban di taman dan jalan basah melemahkan folikel, yang menyebabkan peradangan kulit di kaki. Jadi, jangan biarkan kaki anjing dan kucing basah dalam waktu lama.

Gunakan kertas penyerap untuk membersihkannya berkali-kali. Bilas dengan air bersih dan jika memungkinkan, keringkan kaki anjing Anda setelah berjalan-jalan.

 

Baca juga: Kenali 10 Tanda Kucing dan Anjing Peliharaan Sakit

Jika Anda memiliki hewan peliharaan dengan bulu panjang, pangkas bulu di antara bantalan telapak kakinya. Ini akan mencegah lumpur membandel yang bisa menempel di kaki mereka.

Selain itu, pastikan kuku mereka tidak terpotong terlalu dekat dengan kulit untuk mencegah pendarahan dan infeksi.

2. Jauhkan dari air kotor dan tergenang

Air kotor yang tergenang dapat menularkan penyakit ke hewan peliharaan, gejala umum penyakit ini adalah masalah usus termasuk muntah, diare, sakit perut, dan kehilangan nafsu makan. Pastikan hewan peliharaan minum air bersih.

Infeksi usus ini biasanya akan hilang sendiri dalam beberapa hari. Namun, jika tidak kunjung sembuh, sebaiknya bawa hewan peliharaan ke dokter hewan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com