Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/11/2020, 11:26 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber WebMD

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing harusnya teliti dalam berbagai hal.

Mulai dari pemilihan makanan, kebersihannya, vaksin, serta mengetahui beragam parasit yang bisa menyerang hewan peliharaan Anda.

Dikutip dari WebMD Pets, Kamis (5/11/2020), ada lebih dari 2.500 spesies kutu yang ada di seluruh dunia. Namun, yang paling umum di antara anjing dan kucing adalah Ctenocephalides fellis, atau kutu kucing.

Baca juga: 7 Tips Aman Pelihara Anjing dan Kucing di Rumah

Lantas, apa tanda-tandanya jika hewan peliharaan terserang kutu?

Tandanya adalah anjing atau kucing sering menggaruk, menggigit bulunya hingga kulitnya terluka. Jika sudah terkena kutu, Anda wajib ke dokter hewan untuk meminta mengatasinya, karena tak cukup dengan dimandikan saja kutu akan hilang.

Sebenarnya tidak hanya kutu saja yang menjadi persoalan kebersihan pada hewan peliharaan, namun ada beberapa parasit lainnya yang harus dicegah. Apa saja?

1. Ear Mite/Otodectes cynotis

Kutu telinga yang dapat menimbulkan iritasi dan ketidaknyamanan pada telinga. Gejalanya timbul kotoran/ serpihan di sekitar telinga.

2. Scabies

Parasit ini adalah tungau yang hidup di dalam kulit dan menyebabkan kemerahan, kerontokan bulu, serta kegatalan. Yang lebih menakutkan scabies dapat menularkan manusia.

Baca juga: Jangan Asal, Ini Tips Memilih Makanan Kucing

3. Cacing Kait

Cacing ini hidup di dinding usus kecil hewan, menyebabkan anemia, peradangan saluran pencernaan, menyebabkan nafsu makan berkurang hingga bisa menularkan ke manusia.

4. Caplak

Parasit ini memiliki 4 fase dalam kehidupannya. Caplak betina menghisap darah sekaligus dapat menularkan penyakit parasit darah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com