Kenali 10 Tanda Kucing dan Anjing Peliharaan Sakit

Kompas.com - 14/11/2020, 10:44 WIB
Ilustrasi anjing dan kucing. SHUTTERSTOCK/CHENDONGSHANIlustrasi anjing dan kucing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Baik anjing maupun kucing, mereka tidak akan pernah bisa memberi tahu secara lisan tentang sesuatu yang mereka alami. Dua hewan peliharaan di atas rentan terhadap beberapa masalah fisik.

Jadi, kamu harus waspada tentang cara untuk mengetahui apakah anjing atau kucing peliharaanmu sakit atau tidak. Bagaimana cara mengetahui apakah hewan peliharaan milikmu sakit?

Pasti ada beberapa gejala yang harus diperhatikan pada hewan peliharaanmu jika mereka menghadapi masalah apa pun. Mereka mungkin bertingkah aneh atau kehilangan nafsu makan.

Baca juga: Kenali Jenis Vaksin untuk Anjing dan Kucing

Berikut beberapa cara untuk mengetahui apakah anjing atau kucingmu sakit. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut, dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (14/11/2020).

1. Perilaku aneh

Setiap perubahan mendadak dalam perilaku anjing maupun kucing dapat menandakan ketidaknyamanan fisik pada dua hewan tersebut.

Dalam kasus anjing, mereka mungkin kehilangan minat untuk berjalan-jalan atau bermain. Sementara kucing bisa menjadi ganas tanpa alasan.

2. Perubahan fisik

Perubahan fisik akan lebih jelas daripada perubahan perilaku. Hewan peliharaanmu harus berbau bersih dan matanya terlihat cerah. Bulunya harus bersih berkilau dan tidak rontok.

Baca juga: Ini Jenis-jenis Parasit di Kucing dan Anjing

Jika sofa dan lantaimu berserakan bulu atau kamu melihat ada perubahan berat badan secara tiba-tiba, berkonsultasilah dengan dokter hewan sedini mungkin.

3. Kehilangan nafsu makan

Apakah hewan peliharaanmu tidak makan apa-apa? Mungkin alasannya sepele. Tapi, apabila kurang nafsu makan mereka berlangsung lama, pasti ada beberapa masalah. Ini adalah cara mudah mengetahui apakah hewan peliharaanmu sakit.

4. Masalah pernapasan

Apa cara khusus untuk mengetahui apakah hewan peliharaanmu sakit? Pernahkah kamu memerhatikan hewan peliharaanmu bersin, batuk, atau kesulitan bernapas dengan benar?

Gejala ini memicu masalah pernapasan hewan peliharaan. Mereka mungkin mengalami infeksi dada. Oleh karena itu, perhatian medis diperlukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X