Tips Bersihkan Kloset dengan Bahan-bahan di Rumah, Cuka hingga Boraks

Kompas.com - 14/11/2020, 08:06 WIB
Ilustrasi kloset SHUTTERSTOCKIlustrasi kloset

JAKARTA, KOMPAS.com - Kloset menjadi bagian penting di kamar mandi, karena menjadi sarana untuk membuang kotoran menuju septic tank.

Oleh karena itu, membersihkan kloset wajib dilakukan secara rutin, mengingat berbagai kuman dari kotoran kemungkinan besar masih berada di sana.

Membersihkan kloset pun sebaiknya tidak menggunakan pembersih kloset yang ada di pasaran. Lama kelamaan mereka merusak material permukaan keramik kloset karena bahan kimia yang keras di dalamnya.

Baca juga: Kenali 4 Hal yang Bikin Kamar Mandi Sulit Dibersihkan

Jika kamu menginginkan kloset yang bersih dan kesat secara alami, maka ikuti cara sederhana ini untuk membersihkannya yang dilansir dari Boldsky, Sabtu, (14/11/2020).

1. Kenakan sarung tangan

Sebelum mengikuti tips membersihkan toilet secara alami, pastikan kamu mengenakan sarung tangan karet atau plastik dan jaga agar jendela tetap terbuka untuk sirkulasi udara dan pengeringan.

2. Batu apung

Untuk endapan air yang menjadi noda dan lengket pada lantai toilet, gosok permukaan yang ternoda menggunakan batu apung basah secara perlahan. Batu apung dapat menghilangkan semua noda dan endapan yang berasal dari air.

3. Soda api

Jika saluran pipa klosetmu tersumbat atau mampet, maka natrium hidroksida atau soda kaustik alias soda api dapat mengatasi kemampetan dalam waktu singkat.

Baca juga: 8 Ide Memangkas Biaya Renovasi Kamar Mandi

Masukkan natrium hidroksida ke dalam saluran pipa yang tersumbat dan biarkan mengering. Setelah beberapa saat tuangkan air ke dalam kloset.

4. Cuka putih

Cuka putih dapat membunuh bakteri, jadi tuangkan cuka putih ke dalam lubang kloset dan biarkan selama setengah jam. Kemudian, tambahkan sedikit soda kue pada area yang bernoda, sikat lubang kloset dengan baik lalu siram.

5. Soda kue

Taburkan soda kue ke dalam kloset dan diamkan semalaman. Sikat kloset di pagi hari dan siram sampai semua kotoran hilang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Boldsky
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X