Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Dekorasi Kamar Mandi Sempit agar Rapi dan Nyaman

Kompas.com - 03/11/2020, 10:09 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi yang sempit dan kecil, biasanya tidak akan terasa nyaman untuk digunakan orang-orang yang harus membersihkan diri maupun buang air di dalamnya.

Meski begitu, menjadikan kamar mandi yang sempit menjadi tertara rapi dan nyaman untuk digunakan juga bukan hal yang tak mungkin.

Ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan untuk mendekorasi kamar mandi sempit bisa tertata rapi dan nyaman.

Baca juga: Referensi Model Lantai Kamar Mandi, Ini 4 di Antaranya

Arsitek dan desainer interior Geo Living Studio, Eka Ferdiansyah, mengatakan kalau aspek warna cat dinding menjadi salah satu poin penting menjadikan kamar mandi sempit terasa nyaman.

"Kalau untuk kamar mandi sempit, biasanya kita menggunakan warna yang agak terang, misalnya warna cat motif semen ekspos yang sekarang banyak beredar di pasar," terang Eka ketika dihubungi Kompas.com, Senin (2/11/2020).

Eka melanjutkan kalau sentuhan aksen kayu natural pada sebagian dinding juga perlu dihadirkan di kamar mandi sempit. Hal tersebut bertujuan menciptakan kesan maskulin sekaligus hangat di dalam kamar mandi.

Selanjutnya, membatasi barang-barang di kamar mandi sempit menjadi mutlak dilakukan untuk menghilangkan kesan sumpek pada kamar mandi yang kondisinya sempit.

Baca juga: 5 Tips Dekorasi agar Kamar Mandi Sempit Tetap Rapi

"Penggunaan bak mandi lebih baik tidak ada, dapat diganti dengan shower. Pasang juga cermin besar, itu sebagai ilusi menghadirkan suasana luas," jelas Eka.

Jika perlu menghadirkan keranjang untuk meletakkan perlengkapan alat mandi, gunakan ukuran yang kecil agar tidak memakan tempat.

Terakhir, Eka juga menyarankan untuk memilih pintu geser sebagai pilihan di kamar mandi sempit. Hal itu, lagi-lagi diperuntukkan menghilangkan kesan sempit ketika seseorang baru pertama kali masuk kamar mandi yang berukuran sempit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com