Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-jenis Tanaman Keladi yang Perlu Diketahui Sebelum Mengoleksi

Kompas.com - 02/11/2020, 20:36 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Pamor tanaman keladi atau Caladium saat ini tengah tinggi. Tanaman berdaun unik ini banyak dikoleksi lantaran coraknya yang beragam dan cantik dipandang.

Selain itu, perawatan tanaman keladi juga tergolong mudah. Sehingga, tanaman hias ini cocok dipilih untuk mempercantik rumah.

Nah, buat Anda yang ingin mengoleksi, simak dulu jenis-jenis tanaman keladi yang sedang banyak digemari ini.

Baca juga: Lagi Tren, Begini Cara Merawat Caladium Bicolor alias Keladi Merah

Dilansir dari The Spruce, Selasa (3/11/2020), keladi atau caladium merupakan tanaman hias daun dengan karakteristik daun yang besar. Keladi dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan bentuk daunnya, yakni daun lebar menyerupai bentuk hati (fancy leaf) dan daun yang cenderung lebih runcing (lance leaf).

Selain itu, tanaman keladi juga mudah dikenali lantaran memiliki corak pada daunnya, antara lain warna putih, merah, dan merah jambu.

Ada sejumlah jenis tanaman keladi yang populer dan patut diketahui untuk kamu yang ingin mengoleksi. Beberapa di antaranya adalah keladi merah atau Caladium bicolor, keladi tikus atau Caladium stingray, keladi wayang, keladi blackjack, keladi polka green, dan keladi variegata.

Ilustrasi tanaman Caladium tricolor, keladi.SHUTTERSTOCK/OMKOI Ilustrasi tanaman Caladium tricolor, keladi.

Kemudian, ada juga keladi black velvet, Caladium tricolor, keladi tengkorak, keladi kuping kelinci, keladi kuping jerapah atau Alocasia lowii, dan keladi corong.

Untuk merawat keladi, perlu diketahui bahwa keladi adalah tanaman yang tumbuh di lingkungan yang lembab dan cenderung basah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com