Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali 4 Hal yang Bikin Kamar Mandi Sulit Dibersihkan

Kompas.com - 12/11/2020, 09:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan kamar mandi adalah kegiatan perawatan rumah yang harus rutin dilakukan. Sebab, kamar mandi bisa menjadi sarang kuman dan bakteri.

Akan tetapi, membersihkan kamar mandi seringkali menjadi pekerjaan yang melelahkan. Apalagi jika ada noda-noda membandel yang sulit dibersihkan meski sudah digosok atau menggunakan cairan pembersih khusus.

Dilansir dari Good Housekeeping UK, Kamis (12/11/2020), berikut 4 hal yang membuat kamar mandi sulit dibersihkan yang perlu Anda ketahui.

Baca juga: Perhatikan Kebersihan Kamar Mandi dengan Cara Ini

1. Jamur dan lumut

Kurangnya ventilasi merupakan masalah di banyak kamar mandi. Kondisi ini dapat menyebabkan penumpukan jamur hitam yang tidak sedap dipandang dan jamur pada tirai kamar mandi, dinding, lantai, dan nat.

Jika Anda memasang tirai shower di kamar mandi, maka rutinlah mencuci tirai tersebut. Caranya, rendam tirai shower di dalam ember berisi air hangat dan deterjen.

Cara lain adalah merendam tirai shower di dalam ember berisi air yang telah dicampur cairan pemutih untuk menghilangkan noda jamur.

Bila nat di lantai kamar mandi dipenuhi jamur dan lumut, gosok nat yang berubah warna dengan sikat gigi bekas yang dicelupkan ke dalam larutan pemutih dan air dengan perbandingan 1:4.

Baca juga: Ide Dekorasi Kamar Mandi Sempit agar Rapi dan Nyaman

Selain itu, biasakan menggunakan alat pembersih yang terbuat dari karet untuk mengeringkan tirai shower setelah digunakan.

2. Saluran air mampet

Permasalahan lain adalah saluran air di lantai kamar mandi kerap mampet. Yang sering dijumpai penyebabnya adalah gumpalan rambut bercampur lumut yang menyumbat saluran air.

Sebulan sekali, tuangkan ketel berisi air mendidih ke atas secangkir kristal soda cuci yang disebar di atas saluran air. Ini akan membantu membersihkan jumlah minyak dan sabun, menghilangkan bau, dan membiarkan saluran air mengalir dengan bebas.

Jika saluran air sering tersumbat karena rambut, cobalah pasang saringan atau penutup saluran air. Anda juga bisa menuangkan cuka dan bikarbonat di saluran air untuk melarutkan kotoran.

Kemudian, lanjutkan pembersihan dengan air panas. Selain itu, jus lemon dapat membantu menghilangkan bau yang menyengat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com