Ingin Bunga Segar Tahan Lama di Vas? Begini Caranya

Kompas.com - 11/11/2020, 19:50 WIB
Ilustrasi bunga pexels.com/Lisa FotiosIlustrasi bunga

JAKARTA, KOMPAS.com - Buket bunga segar yang ditempatkan di vas dapat membuat ruangan lebih cerah dan cantik.

Akan tetapi, tanpa akar yang menopangnya, bunga segar akan mulai layu dan mati dalam vas. Namun, jangan khawatir, ada cara untuk membuat bunga berwarna-warni itu bertahan lebih lama dengan perawatan yang tepat.

"Merawat bunga dengan benar akan membantunya bertahan lebih lama," kata Kate Law, desainer produk ProFlowers, seperti dikutip dari Woman's Day, Rabu (11/11/2020).

Baca juga: 5 Tanaman Hias Bunga yang Cocok Ditanam Saat Musim Hujan

Anda tidak perlu membeli pengawet untuk bunga segar. Law dan Michael Gaffney, pendiri Sekolah Desain Bunga New York, memberikan sejumlah langkag menjaga bunga segar hidup lebih lama dengan bahan-bahan yang biasa ditemui di rumah.

Pertama, tambahkan 1 liter air hangat ke dalam vas. Kemudian, tuang 2 sendok makan gula ke dalam air.

Gula akan membantu menutrisi bunga dan membuka mekarnya bunga.

Selanjutnya, tuangkan 2 sendok makan cuka putih dan aduk rata. Cuka membantu menghambat pertumbuhan bakteri dan membuat bunga segar lebih lama.

Baca juga: Obat Sakit Kepala Bisa Bikin Anggrek Subur dan Rajin Berbunga

Jika Anda tidak memiliki cuka dan/atau gula, soda lemon yang dicampur dengan air juga dapat digunakan.

Langkah berikutnya, buang semua daun bagian bawah dari bunga agar tidak ada di air. Lalu, potong 1 hingga 2 inci batang secara miring saat berada di bawah air.

Berikutnya, atur bunga di dalam vas. Pajang buket bunga di tempat yang sejuk dan bebas angin.

Hindari sinar matahari langsung, sebab akan menyebabkan bunga lebih cepat mati. Ganti air setiap dua hari dan potong kembali batangnya secara rutin.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X